Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2022, 11:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain karena aroma dan rasanya yang lezat, kopi juga menjadi salah satu minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-71 American College of Cardiology, minum kopi — terutama 2-3 cangkir sehari — dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan ritme jantung yang berbahaya.

Di samping itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan, minum kopi setiap hari dapat membuat umur panjang, khususnya bagi penderita penyakit kardiovaskular.

Baca juga: 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Hilangkan Lemak Perut

Para peneliti mengatakan analisis — yang terbesar untuk melihat peran potensial kopi dalam penyakit jantung dan kematian — memberikan kepastian bahwa kopi yang selama ini dianggap buruk untuk kesehatan jantung sebenarnya justru bisa melindungi jantung.

"Karena kopi dapat mempercepat detak jantung, beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu. Di sinilah saran medis umum untuk berhenti minum kopi mungkin berasal."

Demikian penuturan Peter M. Kistler, penulis senior penelitian tersebut, yang juga profesor dan Kepala Penelitian Aritmia di Alfred Hospital and Baker Heart Institute di Melbourne, Australia.

"Data kami juga menunjukkan, asupan kopi setiap hari tidak boleh dihilangkan, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung."

"Kami menemukan bahwa minum kopi memiliki efek netral — tidak membahayakan — atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung," ujar dia.

Baca juga: Cegah Masalah Tidur Setelah Minum Kopi dengan Brokoli

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com