Kompas.com - 28/03/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kadar kolesterol yang tinggi diketahui dapat memicu berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Bagi kita yang ingin menurunkan kolesterol, kabar baiknya adalah ada beberapa makanan yang dapat membantu tujuan ini, salah satunya makanan yang mengandung karbohidrat.

Meskipun selama ini karbohidrat dianggap buruk akibat tren diet keto yang kurang baik, namun ada sejumlah karbohidrat sehat yang layak untuk ditempatkan dalam rutinitas makan sehari-hari.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kadar Kolesterol Tinggi

Belum lagi, memasukkan karbohidrat dalam diet jantung sehat secara keseluruhan sebenarnya dapat membantu tubuh kita mengalami kadar kolesterol yang lebih rendah secara alami.

Tipe-tipe karbohidrat

Sebagian besar karbohidrat terbagi dalam dua kategori yakni karbohidrat berbasis makanan utuh yang biasa disebut karbohidrat kompleks dan karbohidrat olahan atau karbohidrat sederhana.

Karbohidrat berbasis makanan utuh biasanya bebas gula tambahan, penuh dengan nutrisi penting, dan mengandung lebih banyak serat daripada kebanyakan karbohidrat sederhana.

Biji-bijian utuh, buah-buahan, beberapa sayuran, dan kacang-kacangan termasuk dalam kategori karbohidrat berbasis makanan utuh.

Di sisi lain, karbohidrat olahan biasanya lebih diproses dan lebih rendah serat maupun zat gizi mikro.

Contoh makanan berkarbohidrat olahan, termasuk kue kering, permen, pretzel, roti putih, dan minuman dengan tambahan gula seperti soft drink atau teh manis.

Baca juga: 3 Kebiasaan Minum yang Baik jika Kita Memiliki Turunan Kolesterol Tinggi

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, pilihan karbohidrat yang sehat juga sebenarnya dapat memberi tubuh kita bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.