Kompas.com - 28/03/2022, 18:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga keseimbangan gula darah adalah salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Sebab, gula darah yang teratur tidak hanya berdampak positif pada energi dan suasana hati kita, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit dan kondisi kronis yang serius.

Menurut ahli diet Kate Kanner, RD, naik turunnya gula darah yang konstan dapat mempersulit tubuh kita untuk secara efisien memindahkan glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke sel-sel yang membutuhkannya sebagai energi.

Ini dikenal sebagai resistensi insulin.

Seiring waktu, jika kadar glukosa dalam aliran darah tetap tinggi terlalu lama, itu dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf, dan bahkan organ.

"Ketika kadar gula darah tidak dipertahankan, maka kita berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, ketidakseimbangan hormon, kabut otak, resistensi insulin, dan gangguan energi," kata ahli diet dan nutrisi, Elizabeth Arensberg, MS, RD.

"Makanan memainkan peran utama dalam gula darah seimbang. Cara terbaik untuk mencegahnya tidak stabil adalah makan makanan seimbang yakni mengisi setengah piring dengan sayuran dan bagi setengahnya lagi menjadi protein, sayuran bertepung atau biji-bijian dengan lemak sehat," ujar dia.

Jika menjaga gula darah dalam kisaran target adalah prioritas utama bagi kita, berikut adalah beberapa kebiasaan makan dan minum yang menurut para ahli pasti ingin kita hindari.

Simak lima kebiasaan makan dan minum yang dapat mengacaukan gula darah, seperti berikut ini.

1. Mengonsumsi gula dan karbohidrat tidak sehat

Menurut ahli diet senior di pusat medis UCLA, Dana Ellis Hunnes, sering mengonsumsi permen, sereal sarat gula olahan, atau makanan lain yang pada dasarnya terdiri dari gula dan karbohidrat dengan sedikit nutrisi adalah larangan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.