Kompas.com - 29/03/2022, 05:20 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan dari restoran fast food atau cepat saji itu dapat berbahaya bagi tubuh.

Tapi, tahukah bahwa ternyata bungkus makanan dari restoran cepat saji juga sama berbahayanya karena mengandung bahan kimia?

Sebuah laporan terbaru menemukan bahwa tingkat mengkhawatirkan bahan kimia berbahaya yang dikenal sebagai PFA ditemukan dalam kemasan makanan di sejumlah restoran cepat saji dan rantai toko kelontong terkenal.

Menurut penyelidikan yang dirilis pada Kamis oleh Consumer Reports, tingkat indikator tertinggi untuk PFA tersebut ditemukan dalam kemasan makanan dari Nathan's Famous, Cava, Arby's, Burger King, Chick-fil-A, Stop & Shop, dan Sweetgreen.

Baca juga: Begini Pengaruh Makanan Cepat Saji bagi Tubuh

Sering disebut sebagai "forever chemicals" karena tidak terurai di lingkungan, PFA digunakan dalam kemasan makanan untuk mencegah minyak dan air meresap melalui pembungkus makanan dan cangkir minuman.

Bahan kimia ini juga dapat ditemukan pada tinta yang digunakan untuk mencetak logo dan instruksi pada wadah makanan.

Laporan baru ini muncul lebih dari dua tahun setelah pandemi Covid-19, ketika masyarakat sangat bergantung pada layanan pesan antar dan pengiriman bahan makanan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut paparan PFA (zat per dan polifluoroalkil) sebagai masalah kesehatan yang dapat membahayakan sistem kekebalan dan mengurangi daya tahan seseorang terhadap penyakit menular.

"Ada bukti dari penelitian pada manusia dan hewan bahwa paparan PFA dapat mengurangi respons antibodi terhadap vaksin," kata CDC dan Agency for Toxic Substances and Disease Registry, AS.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana paparan PFA dapat memengaruhi penyakit akibat Covid-19.

Baca juga: Mengapa Makanan Cepat Saji Tak Baik untuk Kesehatan?

Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.