Kompas.com - 29/03/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Proses penuaan untuk setiap orang berbeda-beda, begitu pula dengan nutrisi spesifik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara optimal.

Ahli diet dan gizi sekaligus Jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics, Caroline West Passerrello mengatakan, ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan nutrisi sepanjang hidup.

Sehingga, setiap individu perlu membuat rekomendasi nutrisi yang menjadi kebutuhannya masing-masing.

"Namun, bagi orang-orang yang ingin mencegah penyakit kronis dan mempertahankan atau meningkatkan kualitas hidup mereka seiring bertambahnya usia, ada beberapa rekomendasi umum," kata dia.

Baca juga: 5 Topping Oatmeal yang Mampu Memperlambat Proses Penuaan

"Kualitas hidup juga subjektif dan relatif, tetapi fokusnya harus pada peningkatan status ketahanan pangan, mencegah malnutrisi, menghindari penyakit yang tidak perlu, menjaga massa otot, dan mencegah dehidrasi," tambah dia.

Adapun nutrisi penting untuk penuaan yang sehat, termasuk protein, lemak omega-3, antioksidan — terutama vitamin A, C, dan E untuk dukungan kekebalan — kalium, kalsium, dan serat.

Selain itu, diet kaya makanan padat nutrisi juga dapat membantu orang dewasa mempertahankan massa otot, mencegah malnutrisi dan dehidrasi, serta menawarkan manfaat untuk kesehatan otak jangka panjang.

"Bukan hanya apa yang kita makan, tetapi mengapa dan bagaimana itu juga penting," kata Passerrello.

Misalnya, lanjut dia, makanan yang dikonsumsi bersama untuk mencegah isolasi dan depresi adalah elemen kunci dari makanan yang dapat membuat penuaan jadi lebih sehat.

Jika kita sudah mengisi diet dengan buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak yang sehat, cobalah untuk mengganti camilan tanpa mengorbankan nutrisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.