Kompas.com - 30/03/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Bahasa tubuh sebenarnya merupakan salah satu cara seseorang untuk berkomunikasi secara nonverbal.

Terkadang tanpa kita sadari, orang lain yang berbincang dengan kita memperhatikan bahasa tubuh kita untuk mengorek informasi terkait kepribadian atau apa yang kita rasakan.

Nah berikut ini, ada delapan bahasa tubuh yang bisa menunjukkan informasi itu.

  • Menyilangkan tangan

Barbara dan Allen Pease dalam bukunya, The Definitive Book of Body Language, mengatakan menyilangkan tangan dapat menunjukkan seseorang sulit didekati, defensif, cemas, atau keras kepala.

Namun, menyilangkan tangan tidak selalu buruk. Sebab, orang yang melakukannya biasanya lebih gigih saat tengah menyelesaikan sesuatu yang sulit.

Baca juga: Makna Bahasa Tubuh Pangeran William dan Kate Middleton di Foto Ucapan Tahun Baru

Sebuah studi menemukan, orang dewasa yang menyilangkan tangan, 30 persen lebih mungkin untuk terus berusaha menyelesaikannya.

“Menyilangkan tangan memanfaatkan otak kiri dan kanan, menciptakan fungsi kognitif yang lebih tinggi,” kata Janine Driver. penulis buku terlaris New York Times, You Can Lie to Me.

Lalu, mantan agen FBI Joe Navarro mengatakan menyilangkan tangan merupakan gestur “memenangkan diri”, bukan mencegah orang lain mendekati kita.

Jadi, saat berhadapan dengan seseorang yang menyilangkan tangan ketika menjawab pertanyaan sulit, bukan berarti ia marah, bisa saja ia sedang mencoba memberi jawaban.

  • Kontak mata

Melakukan kontak mata akan menunjukan bahwa kita mendengarkan lawan bicara. Namun, berilah batasan saat melakukannya. Sebab, terlalu agresif bisa terlihat mengenacam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.