Kompas.com - 31/03/2022, 06:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa fungsi sebuah headphone? Jawabannya mudah, untuk mendengarkan lagu atau video yang diputar di perangkat elektronik.

Sekarang, bagaimana jika sebuah headphone juga dapat berfungsi sebagai masker wajah untuk menghalau debu dan polusi?

Inovasi menarik ini dikembangkan oleh Dyson, penyedia alat penyedot debu dan pengering rambut.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini mengenalkan perangkat wearable pertama yang berfungsi untuk mendengarkan audio berkualitas tinggi, sekaligus sebagai pembersih udara (air purifier).

Diberi nama Dyson Zone, headphone tersebut akan memberikan suara yang imersif di telinga dan mengalirkan udara bersih ke hidung dan mulut melalui visor bebas kontak (contact-free).

Dyson Zone dirancang untuk mengatasi masalah yang umum terjadi di kota-kota besar di dunia, seperti kualitas udara yang buruk dan polusi suara.

Dyson Zone Dyson Zone
Headphone ini diklaim dapat menggantikan masker tradisional. Tim di Dyson menempatkan kompresor secara presisi di bagian penutup telinga yang menarik udara melalui filter dua lapis.

Nah, filter itulah yang akan menghalau 99 persen polusi partikel berukuran 0,1 mikron, seperti debu, serbuk sari, dan bakteri.

Lewat uji coba yang dipimpin teknisi audio perusahaan, Dyson Zone dilengkapi sistem peredam bising (noise cancellation) dan sistem elektroakustik neodymium yang memberikan respons frekuensi lebar.

Kedua sistem yang dipasang juga membuat suara di headphone terdengar seimbang di bagian kiri dan kanan dan distorsi yang rendah.

Pengguna dapat mengatur empat mode pemurnian udara, dan tiga mode ANC.

Selain itu, purifier visor dapat dilepas untuk diganti dengan masker wajah FFP 2 (setara standar internasional yang dikenal sebagai masker N95 dan KN95).

Dilaporkan Hypebeast, Dyson Zone dapat dibeli secara online dan melalui sejumlah toko Dyson di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Ampuh Cegah Penularan Covid-19, Begini Cara Kerja Masker N95

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.