Kompas.com - 01/04/2022, 07:40 WIB

KOMPAS.com - Kebutuhan nutrisi harian saat berpuasa harus selalu dipenuhi agar tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bugar.

Kurangnya nutrisi akan membuat kita merasa cepat lelah, mengantuk, sulit menjaga konsentrasi, dan mengalami sembelit.

Nah, agar dampak kekurangan nutrisi tidak terjadi selama bulan Ramadhan, ada baiknya kita meminum susu saat sahur dan berbuka.

Walau terkesan sepele, faktanya meminum susu di dua waktu tersebut juga dapat menjaga kadar cairan tubuh selama 13 jam menahan haus.

Hal itu dijelaskan pakar gizi klinis, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, dalam Virtual Press Conference “Manfaat Susu sebagai Amunisi saat Puasa" yang digelar oleh Anlene, Kamis (31/3/2022).

"Air putih memang direkomendasikan, sekali minum 2-3 gelas. Tapi, sebaiknya dikombinasikan juga dengan susu," kata dr. Fiastuti.

Kandungan susu

Ia menerangkan, susu bisa dijadikan "teman" agar kita mampu menjalani puasa dengan baik sebab minuman ini merupakan pangan fungsional.

Artinya, susu bermanfaat baik bagi kesehatan di samping rasanya yang lezat dan disukai banyak orang.

"Susu itu punya karbohidrat, ada sumber lemak, ada sumber protein, bahkan ada juga vitamin dan mineral," ujar dr. Fiastuti.

Keempat nutrisi tersebut dikatakannya sangat dibutuhkan tubuh dan sangat disayangkan apabila kita melewatkannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.