Kompas.com - 01/04/2022, 14:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gemerlap industri mode dunia sudah tidak asing dengan kehadiran merek Louis Vuitton.

Monogram yang menjadi ciri khas di setiap motif dan desain item fesyen keluaran rumah mode tersebut kini sudah terlihat ada di mana-mana.

Namun, tidak banyak tahu bahwa item yang pertama kali diluncurkan Louis Vuitton adalah sebuah koper. Hingga kini, koper ikonik dengan monogram LV menjadi barang bersejarah bagi rumah mode tersebut. 

Louis Vuitton adalah seorang pria yang lahir di tahun 1821 di Anchay, Perancis Timur. Dia merantau ke kota Paris saat usianya masih 13 tahun untuk mengadu nasib.

Di kota itu, dia bekerja sebagai buruh serabutan sembari mengasah keterampilannya sebagai tukang kayu. Kemudian dia juga sempat bekerja lepas sebagai pembuat koper selama 17 tahun di Romain Marechal - produsen koper terkenal.

Baca juga: Louis Vuitton Harus Bayar Denda Rp 14,2 Miliar, Ada Apa?

Awal kariernya tersebut merupakan jalan menuju Louis untuk menjadi pioneer industri fashion yang melahirkan berbagai item fesyen dan terkenal akan tas mewahnya.

Inovasi yang dilakukan Louis Vuitton

Koper ikonik Louis Vuitton dipakai orang-orang kaya.Dok. Louis Vuitton Koper ikonik Louis Vuitton dipakai orang-orang kaya.

Kereta kuda, kapal uap dan kereta api merupakan moda transportasi andalan saat itu.

Para penumpang seringkali mengeluhkan kopernya diperlakukan kasar hingga mengalami kehilangan barang.

Vuitton yang saat itu berusia 30-an, mendirikan tokonya sendiri pada tahun 1854 di 4 Rue Neuve-des-Capucines di distrik Place Vendome.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.