Kompas.com - 01/04/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Stroke merupakan salah satu penyakit yang butuh penanganan darurat dan cepat. Jika serangan stroke diatasi dalam waktu terbaik, kerusakan saraf yang luas bisa dicegah.

"Menangani stroke sedini mungkin dapat memperkecil kerusakan saraf yang terjadi, sehingga memperkecil kemungkinan gejala sisa pasca-stroke, risiko komplikasi dan kematian," kata Direktur Utama Brawijaya Hospital Saharjo, Dr.dr Chamim Sp.OG(K), Onk, dalam peresmian Stroke Center (30/3/2022).

Waktu terbaik (golden time period) penanganan stroke adalah kurang dari empat jam setelah gejala stroke pertama kali muncul.

Jika dalam periode itu pasien cepat ditangani secara tepat, maka hasil pemulihan lebih baik atau tanpa cacat.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Stroke di Usia Muda

Peresmian Stroke Center di Brawijaya Hospital Saharjo, Jakarta (30/3/2022).Dok Brawijaya Hospital Saharjo Peresmian Stroke Center di Brawijaya Hospital Saharjo, Jakarta (30/3/2022).

Dokter spesialis saraf dari Stroke Center Brawijaya Hospital, Arief Rachman mengungkapkan penyakit stroke bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba, tanpa memandang usia.

Beberapa gejala stroke yang harus dikenali antara lain senyum tidak simetris (mencong ke satu sisi), sulit menelan air minum tiba-tiba, gerak separuh anggota badan melemah, bicara pelo, rasa kebas atau kesemutan, hingga sakit kepala hebat.

"Kesemutan pada pasien stroke hanya terjadi di satu sisi tubuh. Kalau kesemutan hanya di pergelangan tangan atau tungkai ke kaki, itu mungkin ada saraf terganggu, sedangkan pasien stroke satu sisi tubuh," katanya.

Baca juga: 3 Jenis Stroke dan Gejalanya

Stroke dapat dicegah dengan deteksi dini pada orang yang memiliki risiko tinggi, misalnya saja memiliki riyawat kolesterol tinggi, punya penyakit hipertensi, diabetes, merokok, hingga ada riwayat dalam keluarga.

RS Brawijaya Saharjo Jakarta membuka Stroke Center untuk memberi solusi pelayanan kepada pasien stroke.

"Stroke center ini didukung oleh tim dokter spesialis bedah saraf, bedah saraf, radiologi-invertensi, hingga rehabilitasi medik. Diharapkan dapat memberi layanan holistik dan komperhensif kepada pasien," kata Chamin.

Ia mengatakan, fasilitas modern yang terdapat dalam pusat stroke ini antara lain alat diagnosis terbaru, seperti CT-Scan 128 slice, atau tindakan minimal invasif, serta unit layanan darurat 24 jam untuk mengejar golden time period.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.