Kompas.com - 01/04/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Hati merupakan salah satu organ tubuh kita yang paling penting dalam mendukung kesehatan kita secara keseluruhan.

Mulai dari detoksifikasi untuk menyimpan nutrisi hingga menyaring darah, hati memegang banyak tanggung jawab untuk menjaga kita tetap sehat.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan organ ini adalah adalah hal terpenting yang dapat kita lakukan jika kita ingin tubuh kita tetap berfungsi dengan baik.

Ada pun pilihan diet dan gaya hidup tertentu dapat membantu menjaga kesehatan hati, termasuk menjaga berat badan yang sehat, berpartisipasi dalam aktivitas fisik, dan memasukkan serat dalam rutinitas makanan.

Baca juga: 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Hati

Dalam hal kebiasaan minum, pilihan tertentu, sayangnya, bisa mendatangkan malapetaka pada kesehatan hati dari waktu ke waktu.

Nah, jika kita ingin fokus untuk menjaga kesehatan hati dalam kondisi prima, berikut adalah enam kebiasaan minum terburuk untuk hati yang perlu kita hindari.

1. Sering minum alkohol

Hati kita memainkan peran penting dalam memecah alkohol.

Tetapi, jika kita minum lebih banyak alkohol daripada yang dapat ditangani oleh organ ini, perlahan-lahan dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Bahkan dalam waktu singkat, hati kita dapat mengalami penumpukan timbunan lemak setelah minum berlebihan dan itu dapat berkembang menjadi efek yang lebih buruk dari waktu ke waktu.

Baca juga: 11 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati

Sebenarnya tidak masalah jika kita masih ingin minum alkohol, tapi usahakan untuk minum secara moderat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.