Kompas.com - 03/04/2022, 11:46 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjadi chef profesional merupakan pilihan karier yang cukup menjanjikan. Tentu salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah skill memasak yang mumpuni. 

Hal itu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ekosistem industri kuliner yang semakin bertumbuh di Tanah Air.

Menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, pengeluaran tertinggi rumah tangga di Indonesia adalah untuk pembelian makanan dan minuman.

Dengan rata-rata pengeluaran Rp 197.682 per kapita, per bulan, industri kuliner dapat dikatakan memiliki peluang besar untuk bertumbuh, termasuk profesi juru masak dan bisnis kuliner.

Melihat perkembangan itu, orang-orang yang yang memiliki kemampuan memasak semakin dibutuhkan.

Baca juga: Kategori Profesi Koki, dari Content Creator Masak sampai Chef Profesional

Berkarier sebagai chef atau membuka usaha kuliner sendiri pun bisa dilakukan tanpa memiliki sertifikasi atau pendidikan formal tata boga.

“Hampir semua chef di dunia biasanya memiliki mentor, karena skill memasak bukanlah skill eksakta seperti sains, melainkan keahlian yang diwariskan dari satu orang ke orang lain,"

Demikian kata Chef Archie Prameswara, seorang chef profesional dan tutor ZenPro dalam keterangan Zenius yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/4/2022).

Jika ingin mengasah kemampuan memasak, berikut lima cara meningkatkan skill memasak tanpa menempuh pendidikan formal.

1. Melamar kerja di restoran, kafe atau rumah makan

Melamar kerja di restoran, kafe, atau pun rumah makan bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempertajam skill memasak tanpa pendidikan formal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.