Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hublot Kembali Gandeng Seniman Richard Orlinski, Arloji Seperti Apa Jadinya?

Kompas.com - 03/04/2022, 18:04 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manufaktur jam tangan Hublot sudah menggandeng seniman Perancis Richard Orlinski sejak tahun 2017.

Dari kolaborasi tersebut, lahirlah berbagai timepiece yang menggabungkan bahasa desain Hublot dengan sentuhan gaya sang pemahat patung.

Seperti Classic Fusion Aerofusion Chronograph Orlinski yang diluncurkan pada awal 2018, atau dua model Classic Fusion versi 40 milimeter berbahan keramik keluaran tahun lalu.

Untuk kreasi terbaru, kedua kolaborator memamerkan Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet dalam ajang Watches & Wonders 2022.

Dimensi cangkang 40 milimeter x 11,1 milimeter pada arloji ini sama dengan Classic Fusion rilisan 2021. Namun, ada sedikit perbedaan.

Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet

Pertama, material keramik di bagian cangkang diganti dengan titanium yang dipoles.

Selain itu, bahan tali yang digunakan juga berbeda. Classic Fusion 2021 diberi tali karet, sedangkan arloji terbaru memiliki tali rantai terintegrasi (integrated bracelet).

Tali ini dibuat dari 83 rantai yang dipoles halus (mirror polished) dan dikunci dengan tautan berbentuk H, mewakili logo pembuat jam.

Bagian dial dirancang menggunakan bahan keramik terbaru dalam dua opsi, yakni hitam atau putih. Kedua permukaan dial didesain membentuk motif sudut tiga dimensi.

Detail lain di "wajah" mencakup indeks jam dan jarum yang dipoles, simbol "H" pada bagian bawah jarum detik, serta cetakan logo Hublot di indeks jam 12.

Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet

Untuk mengoperasikan arloji, Hublot menyematkan mesin kaliber HUB1100 berbasis Sellita SW-300 yang dibekali cadangan daya 42 jam.

Tanpa adanya mekanisme yang rumit, harga 15.000 dollar AS (setara Rp 215 juta) untuk Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet mungkin terbilang berlebihan.

Namun, sentuhan desain Orlinski serta tingkat kesulitan dalam pengerjaan bahan titanium untuk menghasilkan tampilan menawan itulah yang menjadi nilai jual arloji ini, bukan komplikasi di bagian mesin.

Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet Alternative Pave Hublot Classic Fusion Orlinski Bracelet Alternative Pave
Nilai 15.000 dollar AS bahkan belum seberapa apabila dibandingkan versi lain yang ditawarkan Hublot, Classic Fusion Orlinski Bracelet "Alternative Pave".

Watchmaker membubuhkan 112 batu berlian putih pada cangkang dan tali rantai secara selang-seling. Total bobot berlian mencapai 3,79 karat.

Classic Fusion Orlinski Bracelet "Alternative Pave" juga tersedia dalam dua versi dial --hitam atau putih, dan dipatok seharga 45.200 dollar AS atau lebih kurang Rp 649 juta.

Baca juga: Hublot Hadirkan Arloji Berbahan Safir Ungu Transparan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com