Kompas.com - 04/04/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari adalah keinginan semua orang.

Salah satu tips mendapatkan istirahat yang baik adalah tidak makan lagi menjelang waktu tidur, baik makanan besar atau camilan.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika beberapa orang mungkin tidak bisa tidur jika merasa kelaparan dan harus mengonsumsi sesuatu sebelum tidur.

Baca juga: Kurangi Keinginan Ngemil Lewat Kebiasaan Sarapan yang Baik

Nah, bagi yang terbiasa mengunyah -setidaknya camilan- sebelum tidur, ada sejumlah pilihan sehat yang sebenarnya dapat dinikmati, dan malah bisa membantu agar tidur lebih nyenyak.

Seorang ahli diet yang berbasis di New York City, AS, Jaclyn London, membagikan tujuh camilan sehat yang bisa kita coba di malam hari sebagai berikut.

1. Sereal gandum utuh dan susu tanpa lemak

"Ini adalah camilan larut malam yang menyehatkan karena karbohidrat dalam sereal membantu kita tertidur."

"Lalu, susu kaya protein juga membantu kita tidur dengan nyenyak," kata London.

Ketika kedua nutrisi ini bergabung, kita dapat menyerap lebih banyak asam amino triptofan daripada jika kita memakannya secara terpisah.

"Ditambah lagi, susu penuh dengan kalsium dan magnesium yang membantu memproduksi melatonin atau hormon yang bertanggung jawab untuk pengaturan tidur," tambah dia.

London pun menyarankan porsinya tidak lebih dari satu cangkir sereal rendah gula -6 gram gula atau kurang per porsi, dengan cangkir susu skim.

Baca juga: Ngemil Sambil Menyetir Efektif untuk Hilangkan Rasa Kantuk?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.