Kompas.com - 04/04/2022, 15:37 WIB

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 yang mulai membaik membuat umat Islam banyak yang kembali mengikuti tarawih di masjid.

Selama dua tahun belakangan, kita memang terpaksa melakukan ibadah Ramadhan ini di rumah demi alasan kesehatan.

Padahal salat tarawih berjamaah di masjid merupakan salah satu momen yang dinantikan banyak orang ketika semarak bulan istimewa ini.

Tahun ini, kita bisa kembali menikmati nikmatnya salat tarawih bersama banyak orang lainnya di masjid, dengan sejumlah catatan.

Baca juga: Inspirasi Make Up Ramadhan Agar Tampilan Tetap Fresh dan Tidak Membosankan

Spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar,dr,SpPD mengatakan dipersilahkan menjalankan ibadan tarawih di masjid maupun buka puasa bersama asalkan memahami risikonya sendiri dan berupaya meminimalkannya.

Maksudnya, mempertimbangkan sejumlah faktor yang kita alami, termasuk kondisi kesehatan, status vaksinasi dan kebugaran tubuh saat itu.

"Tarawih sebenarnya bisa lebih aman ya asalkan enggak kendor maskernya, atau melorot ketika beribadah," katanya, kepada Kompas.com, Senin (04/04/2022).

Ia mengingatkan untuk selalu mengenakan masker dengan benar yakni menutupi hidung dan mulut saat berada seruangan dengan banyak jamaah lainnya.

Penting juga untuk membawa item cadangan apabila masker yang kita pakai rusak, basah, atau kotor.

Demikian pula jika kita kerap bersin dan batuk di dalam masker, maka Dokter Ning, demikian ia biasa disapa, menyarankan untuk menggantinya segera.

Baca juga: Ajari Anak Puasa Ramadhan Pertama Kali? Ini 4 Tipsnya...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.