Kompas.com - 05/04/2022, 10:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita mungkin sering mengonsumsi telur karena ini adalah makanan yang mudah diolah dan bisa didapatkan di mana saja.

Selain itu, telur juga dapat meningkatkan jumlah protein harian dengan mudah dan mampu meningkatkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Sebab, telur diketahui sarat dengan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti asam amino, antioksidan, dan lemak yang sehat.

Terlebih, kuning telur juga memiliki nutrisi penangkal lemak yang disebut kolin, sehingga mengonsumsi telur secara utuh benar-benar dapat membantu kita menurunkan berat badan.

Tidak hanya sampai di situ, masih ada beberapa manfaat besar lainnya dari mengonsumsi telur yang perlu kita ketahui.

Baca juga: 7 Dampak yang Dirasakan Tubuh jika Makan Telur Setiap Hari

Lebih lanjut, berikut adalah tujuh manfaat mengonsumsi telur:

1. Menghilangkan lemak

Sebuah studi di International Journal of Obesity menemukan beberapa hasil yang luar biasa mengenai hubungan antara telur dan pengurangan lemak dalam tubuh.

Di mana, selama periode delapan minggu, studi ini melihat ada orang yang makan sarapan dengan dua telur dan ada yang makan dengan bagel, yang keduanya mengandung jumlah kalori yang sama.

Hasilnya, kelompok pemakan telur kehilangan berat badan 65 persen lebih banyak, lemak tubuh berkurang 16 persen lebih banyak, mengalami penurunan BMI 61 persen lebih besar, dan mengalami pengurangan lingkar pinggang 34 persen lebih besar.

2. Tingkat peradangan yang rendah

Telur adalah sumber utama fosfolipid makanan atau senyawa bioaktif yang menurut penelitian memiliki efek luas pada peradangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.