Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Agar Tak Keliru, Seimbangkan Profesi dan Gaya Hidup dengan Cara Ini

Kompas.com - 05/04/2022, 11:08 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Semua orang pasti ingin memiliki profesi dengan gaji yang mampu menunjang gaya hidup. Namun, realitasnya tak demikian.

Maraknya penggunaan pinjaman online (pinjol) menjadi bukti bahwa pendapatan tak sebanding dengan pengeluaran. Hal ini disebabkan karena tak semua profesi bisa menghasilkan keuntungan sesuai yang kita inginkan.

Tung Desem Waringin, seorang motivator, dalam siniar Smart Inspiration edisi Business bertajuk "Bisnis dan Gaya Hidup Bisa Disesuaikan, Bagaimana Caranya?" mengungkapkan bahwa ada rumus atau taktik tertentu agar gaji sepadan dengan gaya hidup.

Ia juga sempat mengobrol dan temannya yang berprofesi sebagai dokter. Mereka mengatakan bahwa banyak orang mengira dokter memiliki prospek kerja yang bagus.

Nyatanya, masih banyak pula dokter-dokter yang memiliki gaji di bawah UMR (Upah Minimum Regional). "Tidak semua bisnis (profesi) bisa mengakomodasi gaya hidup yang kita inginkan," ujar Tung.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa usaha agar pendapatan bisa seimbang dengan pengeluaran.

1. Luruskan Pola Pikir

Menurut Tung, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengubah pola pikir. Jika bertekad untuk menaikkan penghasilan, maka kita harus memiliki niat yang kuat untuk berubah.

Baca juga: Mau Beli Asuransi? Kenali Dulu Istilah Berikut!

"Jadi, selama cara berpikir kita gak mendukung kita buat kaya, ya, gak bisa," tegasnya.

Akan tetapi, jika sudah merasa cukup dengan penghasilan yang dimiliki, kita harus menerimanya. Ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan pengeluaran dengan gaji.

Jangan sampai kita malah melakukan usaha-usaha instan yang merugikan diri, seperti mengambil pinjaman online.

2. Tentukan Gaya Hidup

Apabila sudah memiliki pola pikir, tentu hal ini dibuktikan dengan aksi. Kita bisa menentukan gaya hidup yang sesuai dengan pendapatan.

Jika pendapatan tak lebih dari lima juta per bulan, tentu kita tak boleh sering-sering berbelanja barang mahal.

Jangan sampai kita memaksakan gaya hidup hanya karena takut dipandang buruk oleh orang sekitar. Justru, jika berlaku demikian, kita akan menghadapi masalah yang lebih merugikan diri.

Kebalikannya, apabila gaya hidup ingin ditingkatkan, kita bisa mulai mencari profesi dengan gaji yang sepadan. Jadi, berusahalah untuk meningkatkan kemampuan diri agar perusahaan yang dituju mau menerima kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com