Kompas.com - 05/04/2022, 20:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahun 1922 adalah tahun bersejarah bagi pembuat jam mewah Perancis, Cartier.

Pada saat itu, watchmaker mengenalkan Tank Louis Cartier, salah satu model ikonik yang digandrungi penggemar horologi saat ini.

Sejak kemunculan Tank tersebut, beragam model Tank lain dihadirkan, seperti Cintree, Basculante, hingga Tank Normale orisinal.

Namun, tidak banyak yang mengetahui jika 1922 juga merupakan tahun "kelahiran" Cartier Tank Chinoise.

Sejarah Cartier Tank Chinoise

Embel-embel "Chinoise" diambil dari kata chinoiserie, istilah untuk benda-benda dekoratif dan karya seni yang diproduksi dengan estetika ala Asia Timur dan China.

Diketahui, Tank Chinoise diciptakan Cartier untuk menggambarkan tingginya minat masyarakat Eropa terhadap seni dekoratif bergaya Asia Timur di masa lalu.

Tren ini mencapai puncaknya selama pertengahan abad ke-18.

Setelah berakhirnya Perang Dunia I, minat pada motif dekoratif Asia Timur kembali muncul, dan Tank Chinoise adalah bagian dari tren tersebut.

Cartier Tank Chinoise Cartier Tank Chinoise
Tank Chinoise orisinal tahun 1922 memiliki cangkang persegi. Perbedaan arloji ini dari Tank Normale dan Tank Louis Cartier terletak pada brancards.

Brancards yang terdapat di arloji Tank Normale dan Tank Louis Cartier adalah bar atau balok yang berada di sisi-sisi cangkang untuk membentuk lug.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.