Kompas.com - 06/04/2022, 14:33 WIB

KOMPAS.com - Ketika suasana hati sedang buruk, entah karena pekerjaan atau masalah di sekolah, maka apa pun yang kita kerjakan dan pikirkan seringkali buyar.

Memang suasana hati bisa memengaruhi cara kita berpikir dan melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, suasana hati harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu aktivitas.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memulihkan suasana hati, seperti bermeditasi, mendengarkan musik, atau berolahraga.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi makanan-makanan tertentu supaya tidak bad mood lagi, lho!

Makanan yang bisa meningkatkan suasana hati

Dilansir dari Real Simple, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi supaya kita tidak terus-menerus bad mood. Lalu, apa sajakah itu?

Daging ikan salmon.cottonbro/ Pexels Daging ikan salmon.

1. Ikan salmon dan tuna

Ikan berlemak, seperti salmon dan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan pikiran.

"Asam lemak omega-3 yang berlimpah dalam ikan dapat berkontribusi untuk meningkatkan suasana hati," jelas associate editor International Journal of Disease Reversal and Prevention, Casey Means, MD.

Ia juga mengatakan, pencegahan depresi bisa dilakukan dengan asam lemak omega-3 sebab kandungan ini punya sifat anti-inflamasi dan baik untuk otak.

"Penting untuk diingat bahwa 60 persen jaringan otak kita terbuat dari lemak. Jadi pilihan lemak yang kita masukkan ke dalam makanan memiliki dampak besar pada struktur dan fungsi otak," jelas Dr. Means.

Khusus untuk docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang ada di dalam asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.