Kompas.com - 06/04/2022, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Selain dianjurkan untuk menahan godaan lapar dan haus, selama bulan puasa umat Muslim juga tidak diperbolehkan merokok.

Jadi, bulan puasa sebenarnya bisa menjadi momentum yang tepat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dengan berhenti merokok.

Menurut staff associate dari Medical Subspecialties Institute di Cleveland Clinic Abu Dhabi, Dr Iyaad Hasan, bulan Ramadhan kerap dijadikan "metode pengurangan".

Dengan metode itu, banyak perokok secara alami mengurangi jumlah rokok harian mereka.

Secara psikologis, tidak merokok antara matahari terbit dan terbenam juga dapat menghentikan kebiasaan merokok dalam jangka panjang.

Baca juga: Berhenti Merokok, Cara Efektif untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

"Ramadhan adalah momen terbaik untuk mengajari diri sendiri bagaimana menjalani rutinitas harian dan menghindari pemicu yang membuat kita merokok," kata dia.

Berhenti dengan sukses

Sangat mungkin untuk berhenti merokok tanpa bantuan.

Tetapi, Hasan mengatakan, memilih strategi yang menggabungkan dukungan dan pengobatan akan melipatgandakan peluang keberhasilan untuk berhenti merokok.

Dukungan melibatkan konseling untuk membantu kita mengidentifikasi isyarat atau pemicu yang menyebabkan kita merokok dan mengembangkan strategi untuk menghindari atau menangani pemicu tersebut.

Pertemuan dukungan berikutnya biasanya akan membahas respons untuk benar-benar menyerah, kekambuhan apa pun yang mungkin terjadi, serta penyesuaian diri dengan kehidupan sebagai non-perokok.

Baca juga: Studi Terbaru, Rokok Elektrik Tidak Efektif Kurangi Kecanduan Merokok

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.