Kompas.com - 07/04/2022, 08:15 WIB

KOMPAS.com – Rumah lelang Sotheby’s berencana melelang jersey yang dipakai Diego Maradona saat mencetak “Gol Tangan Tuhan” di Piala Dunia tahun 1986.

Jersey yang pernah dikenakan legenda Napoli tersebut rencananya akan ditawarkan kepada kolektor mulai tanggal 20 April hingga 4 Mei 2022.

Sebelum berpindah tangan, jersey Maradona di hajatan sepak bola terakbar dunia itu dimiliki oleh mantan gelandang Timnas Inggris, Steve Hodge.

Ia mendapatkan jersey bernomor punggung sepuluh milik Maradona setelah bertukar jersey di akhir partai perempat final Piala Dunia 1986 yang digelar di Stadion Azteca, Meksiko.

Tiga dekade lebih berlalu, Hodge akhirnya menyerahkan jersey penyerang berjuluk El Pelusa tersebut untuk dilelang dan Sotheby’s membanderolnya dengan harga Rp 75 miliar-Rp 112 miliar.

“Saya telah menjadi pemilik bangga barang ini selama lebih dari 35 tahun sejak Maradona dan saya bertukar jersey di lorong setelah pertandingan,” kata Hodge.

“Merupakan hak istimewa yang mutlak untuk bermain melawan salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang masa,” jelasnya.

Bagi Hodge, jersey Maradona yang dimilikinya bukanlah barang biasa. Sebab, ada nilai historis di baliknya yang membuat jersey ini layak dihargai mahal.

“Jersey tangan Tuhan memiliki makna budaya yang mendalam bagi dunia sepak bola, rakyat Argentina, dan rakyat Inggris. Saya yakin pemilik baru akan memiliki kebanggaan besar untuk jersey sepak bola paling ikonik di dunia,” tutur Hodge.

Sebelum dilelang, jersey Maradona yang satu ini sempat dipinjamkan ke National Football Museum di Manchester untuk dipamerkan sejak tahun 2002.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Goal.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.