Kompas.com - 07/04/2022, 11:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menua mungkin merupakan salah satu hal yang ditakuti banyak orang. Namun, rupanya menua tidak selalu buruk dan mungkin dapat membuat kita lebih bahagia.

Ya, sebuah studi baru yang diterbitkan di Journals of Gerontology: Psychological Sciences and Social Sciences pada Maret 2022 menemukan bahwa mereka yang berusia lanjut dan optimis dilaporkan memiliki mood yang lebih positif.

Studi yang meneliti 233 pria lansia tersebut juga menemukan bahwa optimisme tersebut dapat mengubah cara dirinya mengalami atau menafsirkan situasi stres.

Sebuah studi sebelumnya juga sempat membuktikan hal serupa, dimana perilaku berperan pada kesehatan dan wellbeing kita.

Dalam sebuah studi landmark counterclockwise, psikolog dari Harvard University Ellen Langer, Ph.D., bersama koleganya mengundang dua kelompok pria untuk melakukan eksperimen untuk “memutar balik waktu.”

Satu kelompok diminta hidup dan berperilaku seolah-olah mereka ada di 20 tahun sebelumnya.

Mereka mematikan perangkat elektronik yang dimiliki dan menjadi diri mereka sendiri pada tahun 1959.

Misalnya, mereka akan berbicara tentang politik dan buku pada masa itu, mengirim foto diri mereka sendiri dan menulis otobiografi singkat, seolah-olah itu 20 tahun lalu.

Sementara itu, kelompok kedua hanya diminta mengenang masa itu.

Hasilnya, dua kelompok tersebut menunjukkan peningkatan dalam well-being mereka, termasuk pada postur, berat tubuh, pengelihatan, fleksibilitas sendi, performa dalam tes kecerdasan, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.