Kompas.com - 07/04/2022, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan orang menganggap mencuci daging ayam mentah dengan air mengalir dapat membersihkannya dari bakteri sebelum dimasak.

Itu adalah pemahaman umum yang diketahui banyak orang demi alasan menjaga higienitas bahan pangan dan hasil masakan di rumah.

Apalagi ketika bulan puasa atau menjelang Lebaran, kebanyakan orang pasti menginginkan daging ayam mentah yang bersih sebelum diolah menjadi opor atau ayam goreng.

Padahal, fakta yang sebenarnya adalah daging ayam mentah tidak perlu dicuci menurut rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Alasannya adalah mencuci daging ayam mentah akan menyebarkan bakteri ke makanan atau peralatan lain di dapur.

CDC mengatakan bahwa cara membunuh bakteri yang ada di bahan makanan tersebut cukup dilakukan dengan memasaknya hingga matang.

Hal yang sama juga berlaku apabila kita hendak mengolah daging unggas, daging sapi, atau telur.

"Daging-daging itu dapat menyebarkan kuman di dapur Anda. Jangan meremehkan keamanan pangan," ujar CDC.

CDC menerangkan, daging ayam mentah sering terkontaminasi bakteri Campylobacter, Salmonella, dan Clostridium perfringens.

Lebih lanjut, badan tersebut menerangkan cairan dari daging ayam mentah dapat menyebar di dapur dan mencemari makanan, peralatan, dan meja apabila kita mencucinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Today,CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.