Kompas.com - 08/04/2022, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi hal yang luar biasa dan menakutkan karena mengundang risiko terhadap beragam penyakit kronis.

Untungnya, para ahli percaya bahwa perubahan kecil dapat membuat semua perbedaan dalam menurunkan kolesterol, terutama kolesterol yang jahat.

"Ini bukan tentang menambah atau mengurangi kuning telur yang kerap disalahpahami terkait dengan usaha menurunkan kolesterol," kata pakar nutrisi dan pendiri Laura Burak Nutrition, Laura Burak.

Baca juga: Cegah Kolesterol Tinggi, Atur Pola Makan Selama Puasa

"Melainkan itu lebih berfokus pada mengadopsi diet yang berkualitas sehingga seiring waktu, itu hanya menjadi cara kita hidup dan tidak memerlukan usaha terus-menerus," kata dia.

Nah, berikut ini juga terdapat beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol tanpa membutuhkan banyak usaha, yang bisa kita coba.

1. Mengonsumsi makanan utuh

Ya, ada makanan tertentu yang mungkin ingin dihindari atau dibatasi oleh seseorang dengan kolesterol tinggi.

Tetapi, ada pula makanan sehat dan utuh yang perlu kita tambahkan dalam diet harian guna membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan kesehatan kita secara keseluruhan.

"Pusatkan dasar diet kita di sekitar makanan utuh bergizi seperti buah-buahan dan sayuran."

"Lalu, sertakan lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, maupun ikan berlemak seperti salmon yang terbukti dapat membantu meningkatkan lipid darah," ujar Burak.

Baca juga: 6 Karbohidrat Sehat untuk Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

2. Menambahkan oat

Oat dikenal dengan daftar panjang manfaat kesehatannya, yang membantu meningkatkan kesehatan usus, mengatur berat badan, meningkatkan resistensi insulin, dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.