Kompas.com - 09/04/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Selama ini latihan angkat beban identik dilakukan oleh para pria untuk dapat membentuk massa otot agar lengan tampak lebih kekar dan kuat.

Maka dari itu, tidak heran jika akhirnya banyak yang menganggap bahwa latihan ini sebaiknya tidak dilakukan wanita supaya tidak membuat lengan mereka berotot.

Lantas, benarkah latihan angkat beban bisa membuat wanita jadi lebih berotot atau terlihat kekar?

Baca juga: Ingin Payudara Terlihat Lebih Besar? Lakukan 3 Latihan Otot Dada Ini

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga Halodoc, Dr Elsye, SpKO, hal tersebut hanyalah mitos.

"Faktanya, wanita itu tidak mudah menaikkan massa otot untuk menjadi bulky seperti pria, karena wanita dan pria itu memiliki hormon yang berbeda," ungkap dia dalam webinar bersama Halodoc, Jumat (8/4/2022).

Elsye pun mengatakan, pria memiliki hormon testosteron yang bisa meningkatkan massa otot lebih cepat dan performanya lebih baik daripada wanita," kata dia.

Sementara wanita tidak memiliki hormon testosteron yang bisa mengembangkan otot-otot di lengan.

Baca juga: Hollow Hold, Latihan Otot Perut yang Pas untuk Pria di Atas 40 Tahun

"Jadi, ketika wanita mau latihan angkat beban untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan tubuh ya jangan takut, lakukan saja supaya punya otot dan tulang yang sehat," terangnya.

Selain untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan tubuh, latihan angkat beban juga berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang.

Elsye menambahkan, ketika kita melakukan latihan angkat beban, kepadatan tulang itu akan tetap terjaga.

"Ini akan menjadi tabungan di masa depan agar kita tetap bugar saat sudah menginjak usia lanjut," ujar dia.

"Lalu, ketika kita ingin beraktivitas fisik, kita juga memerlukan otot-otot yang lebih kuat. Karena kalau otot kita lemah, kita jadi mudah lelah dan kurang bersemangat," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.