Kompas.com - 11/04/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Di Indonesia, waktu makan sahur biasanya dilakukan pada pukul 03.00 sampai 04.00 pagi, tergantung zona waktu dan wilayah di mana kita tinggal.

Melihat agenda makan sahur yang dilakukan saat pagi buta, bangun pagi kerap menjadi hal yang berat bagi sebagian orang.

Terlebih pada orang yang tidak terbiasa bangun pagi. Tak jarang, ada orang yang susah untuk bangun sahur hingga melewatkan makan sahur.

Padahal, makan sahur itu penting dan tidak dianjurkan untuk dilewatkan karena sahur adalah waktu yang tepat untuk kita mengisi energi untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Jika merasakan kesulitan saat bangun sahur. Berikut beberapa tips jitu yang bisa diterapkan agar kita tidak lagi kesiangan dan melewatkan waktu makan sahur.

Baca juga: 5 Tips Makan Sahur untuk Mendongkrak Stamina Saat Berpuasa

1. Lebih cermat saat menggunakan alarm

Mengatur waktu alarm di ponsel sampai memiliki waker sendiri merupakan cara yang ampuh biar kita tidak kesiangan bangun sahur.

Namun saat menggunakannya kita harus lebih cermat. Hal ini berarti, jangan dibiasakan untuk menekan tombol snooze untuk menunda waktu ketika alarm berbunyi.

Kemudian letakkan alarm atau waker di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh tangan untuk mencegah kebiasaan menekan tombol snooze.

2. Hindari minuman berkafein saat larut malam

Minuman berkafein seperti kopi atau teh saat larut malam dapat membuat mata terjaga.

Jika memungkinkan, hindari kebiasaan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.