Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Kualitas Hidup Anak-anak

Kompas.com - 11/04/2022, 11:44 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Membiasakan anak-anak untuk berolahraga secara rutin sejak dini ternyata dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan mereka.

Apalagi, olahraga tidak hanya baik dilakukan untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan mental.

Menurut Medical Xpress, sebuah studi baru menemukan bahwa olahraga dapat membantu anak-anak dan remaja berkonsentrasi, serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mereka menjalani gaya hidup yang lebih sehat, membantu mereka tidur di malam hari dengan nyenyak, dan dapat memastikan bahwa tubuh mereka bekerja sebagaimana mestinya.

Studi yang dilakukan oleh Technical University Munich tersebut pun menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar yang sehat secara fisik biasanya merasa lebih baik dan mampu berkonsentrasi lebih baik di sekolah.

Mereka lebih mungkin untuk mencapai sekolah tingkat yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak memiliki banyak kemampuan olahraga.

Baca juga: Agar Anak Tetap Aktif di Rumah, Coba Lakukan 4 Olahraga Seru Ini

Untuk menyelesaikan studi, para peneliti mengamati lebih dari 3.200 anak perempuan dan lebih dari 3.200 anak laki-laki, yang secara khusus melihat kekuatan fisik maupun daya tahan mereka.

Para peneliti juga menggunakan prosedur tes berstandar internasional untuk melihat kemampuan peserta berkonsentrasi dan kualitas hidup mereka yang berhubungan dengan kesehatan.

Hasilnya membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat kebugaran fisik anak-anak, maka semakin baik pula mereka dapat berkonsentrasi dan mereka memiliki kualitas hidup terkait kesehatan yang lebih tinggi.

Di sisi lain, para peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang mengalami obesitas, atau yang kekurangan berat badan, memiliki kesejahteraan dan harga diri yang lebih rendah, serta mereka tidak memiliki lingkaran sosial yang besar.

Maka dari itu, studi ini sangat menekankan pentingnya memastikan bahwa anak-anak mendapatkan tingkat kebugaran fisik yang tinggi dalam olahraga dan kegiatan lainnya.

Ini mungkin tampak rumit bagi orangtua yang memiliki anak yang kurang tertarik pada olahraga. Namun, dengan sedikit komunikasi dan eksplorasi, orangtua bisa menemukan olahraga yang disukai oleh anak-anak mereka.

Kemudian, mengekspos anak-anak ke berbagai olahraga dan aktivitas adalah cara terbaik untuk menemukan olahraga yang bisa mereka kuasai dan yang mereka sukai untuk berpartisipasi.

Dan bahkan, lebih baik lagi jika itu adalah sesuatu yang dapat dimainkan bersama-sama dengan seluruh keluarga.

Baca juga: Jenis Olahraga Anak Sesuai Usia dan Perkembangannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com