Kompas.com - 12/04/2022, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Setiap manusia pasti ingin merasakan kebahagiaan di dalam hidup, terlepas dari masalah apa pun yang dihadapi.

Namun, alih-alih mendefinisikan kebahagiaan sebagai perasaan puas, banyak dari kita mengacaukan arti kebahagiaan.

Kebahagiaan cuma diartikan dengan suasana hati yang meningkat secara permanen atau bahkan persediaan positif yang tak ada habisnya.

Sayangnya, ini adalah harapan yang tidak realistis. Dengan definisi seperti itu, setiap orang akan merasa harus selalu berjuang untuk menjadi bahagia.

Tetapi, menjadi bahagia bukanlah tentang memaksakan emosi positif sambil menekan, mengabaikan, atau menghindari yang negatif.

Baca juga: Cara Mencintai Diri Sendiri dengan Bahagia

Sebaliknya, ini tentang mengarahkan energi, dan memilih pendekatan terhadap keberadaan kita yang dapat memberi kita rasa kepuasan.

Dan, kebahagiaan sebenarnya tidak harus selalu dibangun.

Kebahagiaan bisa datang dari kesadaran diri, mengambil tanggung jawab, membuat keputusan, melakukan sesuatu yang berarti, dan terhubung dengan orang lain.

Memahami kunci kebahagiaan

Sebelum mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuat kita menjadi lebih bahagia, maka kita perlu memahami kunci kebahagiaan sebagai berikut.

• Tanggung jawab

Banyak orang mencoba untuk menemukan orang atau hal-hal yang akan membuat bahagia.

Akibatnya, kita sering merasa kecewa atau kesal ketika suatu hubungan atau pekerjaan baru itu tidak mengubah arah dari tidak puas menjadi puas dengan keberadaan kita secara keseluruhan.

Baca juga: Menua Rupanya Dapat Membuat Hidup Lebih Bahagia

Tetapi, tidak ada benda atau orang yang bisa membuat kita bahagia karena kebahagiaan biasanya datang dari dalam diri sendiri.

• Keputusan

Kita tidak bisa memutuskan untuk merasa bahagia, tapi kita bisa membuat keputusan yang membuat kita bahagia.

Kebahagiaan adalah cerminan dari bagaimana kita memilih untuk menjalani hidup. Ini bukan peristiwa tunggal, melainkan hasil dari semua keputusan kita, besar atau kecil.

• Makna

Akan sangat sulit untuk menemukan kebahagiaan tanpa makna apa pun.

Makna, singkatnya, adalah pengakuan bahwa kita dan hidup kita memiliki nilai dan tujuan. Melakukan sesuatu yang berarti setiap hari sering kali dapat menimbulkan rasa bahagia.

Namun, penting untuk tidak membingungkan makna dan produktivitas.

Ini bukan tentang menjadi produktif setiap hari, tetapi bagaimana kita melakukan sesuatu yang bernilai bagi kita secara pribadi.

Baca juga: Selena Gomez Detoks Internet 4,5 Tahun dan Merasa Lebih Bahagia

Ini bisa sesederhana minum teh atau mengobrol, beristirahat, membantu seseorang atau mempelajari sesuatu yang baru.

• Kesadaran

Trik menuju kebahagiaan adalah kesadaran diri. Sulit untuk memberi diri kita apa yang dibutuhkan atau inginkan tanpa menyadari apa itu.

Dan, jika kita tidak terbiasa dengan diri kita sendiri, kita bahkan mungkin mengalami kegembiraan dan kepuasan tanpa sepenuhnya meluangkan waktu untuk menerimanya (atau menikmatinya).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.