Kompas.com - 12/04/2022, 10:08 WIB

KOMPAS.com - Kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan para seniman untuk terus berkarya dan mengasah kreativitas. Salah satunya dengan berkarya di ruang seni virtual.

Di era yang modern ini, para penikmat seni dapat menjelajahi destinasi baru untuk mencurahkan hobinya melalui Selaras Art Space.

Ruang seni virtual tersebut dapat menjadi ruang bagi pekerja seni muda untuk menampilkan karya seni melalui dunia digital kepada masyarakat luas.

"Ruang pamer virtual tujuannnya agar bisa membangun konektivitas antara karya, seniman dan masyarakat langsung," kata Didiet Maulana, insiator dari Selaras Art Space dalam peluncurannya, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Njlimet, Pameran Seni Rupa Bertema Rumitnya Masa Pandemi

Salah satu elemen penting yang membuat pameran seni virtual menjadi ruang yang utuh, adalah musik bernuansa jazz lounge yang menemani setiap pengunjung yang datang.

Alunan musik jazz tersebut merupakan karya Sri Hanuraga, pianis jazz muda Indonesia, yang menciptakan iringan musik khusus berjudul sama dengan nama ruang seni ini, yaitu Selaras.

"Sri Hanuraga atau biasa disapa Aga seniman yang beberapa kali meraih penghargaan, salah satunya AMI Awards di tahun 2020," kata Didiet.

Peluncuran Selaras Art Space virtual, Senin 11 April 2022.Dok. Selaras Peluncuran Selaras Art Space virtual, Senin 11 April 2022.

Aga juga adalah pianis berlatar belakang pendidikan program master Jazz Piano Performace di Conservatorium van Amsterdam, Belanda.

Lewat konsepnya di dunia maya, Selaras Art Space berkomitmen memberikan peluang dan ruang bagi para seniman untuk berkolaborasi juga berinteraksi dengan publik seluas-luasnya.

"Saat kita menjelajahi ruang pamer ini, kita dapat merasakan nuansa berbeda yang lebih private saat datang ke pameran," tambah Didiet.

"Pengunjung bisa langsung klik lukisannya dan pelukisnya akan bercerita dan gagasan apa yang tertuang dalam lukisan."

Kemudian jika tertarik dengan suatu karya, kita dapat melihat informasi detail seputar lukisan tersebut mulai dari ukurannya, material yang digunakan serta karya bisa langsung dibeli dalam bentuk lukisan nyata.

Destinasi seni virtual baru ini digagas oleh pria yang dikenal sebagai perancang busana, Didiet Maulana dan rekannya Dhitya Widjanarko.

Keduanya berharap Selaras dapat menjadi platform untuk para seniman muda Tanah Air dengan menggandeng pekerja seni berbakat, tak terkecuali para emerging artist, atau seniman muda.

Lebih lanjut, ruang seni virtual ini apat dikunjungi melalui situs selarasartspace.com dan dibuka 11 April sampai 30 Juni 2022.

Baca juga: Menikmati Pameran Seni Imagispace 2021, Bisa Sambil Donasi Pohon

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.