Kompas.com - 13/04/2022, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Puasa bukan hanya menjadi momen untuk beribadah namun juga menerapkan pola hidup sehat.

Keharusan menahan lapar dan haus selama Bulan Ramadhan ini juga bisa kita manfaatkan untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan.

Binaragawan senior, Ade Rai mengatakan hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan asalkan kita menerapkan pola makan yang tepat khususnya di saat sahur.

"Kebanyakan dari kita masih makan karbohidrat ketika sahur tapi kalau mau sekalian menurunkan berat badan, protein, lemak dan serat saja," katanya dalam jumpa media secara virtual, Rabu (13/04/2022).

Kita dianjurkan hanya makan asupan karbohidrat, dalam jumlah secukupnya, ketika berbuka puasa.

Perilaku ini, menurut Ade Rai, akan membuat tubuh kita bebas karbohidrat, yang efeknya menaikkan kadar insulin dalam tubuh, selama setidaknya 22 jam.

"Jadi selama masa itu, tubuh akan pakai lemak di tubuh kita sebagai sumber tenaga," tandasnya.

Baca juga: Penting, Hal yang Perlu Diperhatikan Penderita Diabetes Saat Puasa

Olahragawan berusia 51 tahun ini menambahkan, masyarakat sering salah persepsi dengan merasa karbohidrat sebagai sumber energi yang paling utama sehingga tidak berenergi tanpa asupan tersebut.

"Badan akan secara sistematis mencari sumber energi lain, cadangan makanan di tubuh itu banyak, termasuk seperti lemak di perut kita," katanya.

Olahraga saat puasa bisa bantu turunkan berat badan

Pada pemula, peningkatan awal dalam ukuran otot mungkin terjadi dalam enam hingga delapan minggu dan delapan hingga 12 minggu pada individu yang lebih mahir.FREEPIK/PRESSFOTO Pada pemula, peningkatan awal dalam ukuran otot mungkin terjadi dalam enam hingga delapan minggu dan delapan hingga 12 minggu pada individu yang lebih mahir.
Aktivitas lain yang juga penting untuk menurunkan berat badan ketika berpuasa adalah tetap berolahraga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.