Kompas.com - 16/04/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak berabad-abad lalu, kopi telah menjadi minuman yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia, baik karena manfaatnya maupun untuk meningkatkan mood.

Tanaman kopi liar sendiri diyakini pertama kali dibawa dari Ethiopia ke Arab untuk dibudidayakan pada abad ke-15. Sejak saat itu, popularitasnya terus meningkat.

Menurut legenda, kopi ditemukan oleh seorang gembala kambing Ethiopia pada tahun 850 M. Kaldi, nama gembala itu, mendapati kawanan dombanya menjadi bersemangat setelah makan biji kopi.

Namun terlepas dari mana asalnya, intinya saat ini kopi telah tersebar di berbagai belahan dunia dan menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup.

Bahkan, tak jarang seseorang rela menyisihkan uangnya untuk membeli kopi dengan harga selangit.

Kopi dengan harga mahal memang berbeda dengan kopi biasa. Terkadang, kopi-kopi mahal ini membutuhkan proses budidaya yang panjang, namun rasa yang dihasilkan pun luar biasa.

Nah berikut ini, ada daftar tujuh kopi termahal di dunia, seperti dilansir dari Lifestyle Asia.

Kopi Luwak

Salah satu kopi termahal di dunia ini diperoleh dengan proses yang unik, yaitu dengan cara memberi makan luwak dengan buah kopi matang. yang difermentasi oleh enzim pencernaannya.

Para pekerja kemudian akan mengumpulkan biji kopi yang terfermentasi oleh enzim pencernaan luwak dari kotorannya, kemudian memanggangnya dengan cara light-roast guna menghilangkan kepahitannya.

Rasa kopi ini sangat fruity dan cenderung manis, dengan sedikit nuansa sandalwood, dark chocolate, aprikot dan prem.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.