Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kopi Termahal di Dunia, Dua di Antaranya Sisa Hewan

Kompas.com - 16/04/2022, 05:05 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak berabad-abad lalu, kopi telah menjadi minuman yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia, baik karena manfaatnya maupun untuk meningkatkan mood.

Tanaman kopi liar sendiri diyakini pertama kali dibawa dari Ethiopia ke Arab untuk dibudidayakan pada abad ke-15. Sejak saat itu, popularitasnya terus meningkat.

Menurut legenda, kopi ditemukan oleh seorang gembala kambing Ethiopia pada tahun 850 M. Kaldi, nama gembala itu, mendapati kawanan dombanya menjadi bersemangat setelah makan biji kopi.

Namun terlepas dari mana asalnya, intinya saat ini kopi telah tersebar di berbagai belahan dunia dan menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup.

Bahkan, tak jarang seseorang rela menyisihkan uangnya untuk membeli kopi dengan harga selangit.

Kopi dengan harga mahal memang berbeda dengan kopi biasa. Terkadang, kopi-kopi mahal ini membutuhkan proses budidaya yang panjang, namun rasa yang dihasilkan pun luar biasa.

Nah berikut ini, ada daftar tujuh kopi termahal di dunia, seperti dilansir dari Lifestyle Asia.

Kopi Luwak

Salah satu kopi termahal di dunia ini diperoleh dengan proses yang unik, yaitu dengan cara memberi makan luwak dengan buah kopi matang. yang difermentasi oleh enzim pencernaannya.

Para pekerja kemudian akan mengumpulkan biji kopi yang terfermentasi oleh enzim pencernaan luwak dari kotorannya, kemudian memanggangnya dengan cara light-roast guna menghilangkan kepahitannya.

Rasa kopi ini sangat fruity dan cenderung manis, dengan sedikit nuansa sandalwood, dark chocolate, aprikot dan prem.

Kopi unik ini dbanderol dengan harga tinggi, mulai dari 150 hingga 600 dolar AS (Rp 2,1 hingga Rp 8,6 juta) per setengah kg kopi.

Harga kopi luwak akan semakin mahal jika kopi ini free range, alias kopi yang didapatkan dari luwak yang dibiarkan hidup liar dan memilih buah kopinya sendiri.

Black Ivory

Kopi asal Thailand ini pun tak kalah unik dengan kopi luwak.

Sebab, kopi yang diproduksi oleh Ivory Coffee Company di Thailand Utara ini dibuat dengan cara memberi makan biji kopi Arabika kepada gajah di perkebunan mereka.

Enzim pencernaan gajah memberikan rasa yang kuat dan kaya pada kopi yang dihasilkan dari kotorannya nanti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com