Kompas.com - 17/04/2022, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal yang penting saat kita menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Kebutuhan kalori harian dalam jumlah 1.200 - 2.000 kalori dapat didistribusikan untuk sahur (30-40 persen) dan berbuka (40-50 persen), serta camilan sehat setelah tarawih (10-20 persen).

Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan, mengatakan nutrisi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Ia menjelaskan, protein adalah bahan utama untuk pertumbuhan sel otak, sel kulit, sel otot, dan organ kita.

Baca juga: Simak, Saran Ahli Gizi agar Puasa Lancar dan Nutrisi Terpenuhi

"Sangat penting untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang dibutuhkannya untuk berfungsi," kata Ryan dalam media edukasi yang diadakan Herbalife Indonesia (14/4/2022).

Media edukasi seputar nutrisi penting saat berpuasa yang diadakan oleh Herbalife Indonesia (14/3/2022).Dok Herbalife Media edukasi seputar nutrisi penting saat berpuasa yang diadakan oleh Herbalife Indonesia (14/3/2022).

Selain itu, protein juga membantu mengurangi rasa lapar. Hal ini tidak hanya bermanfaat saat kita berpuasa, tetapi juga saat membatasi asupan kalori untuk menurunkan berat badan.

"Dengan mengonsumsi protein dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme yang akhirnya membantu Anda membakar kalori lebih cepat, dan membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh," papar peneliti bidang nutrisi ini.

Sementara itu, kebutuhan karbohidrat sebagai penyedia energi bagi tubuh. Kita dapat memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oat, atau roti gandum, yang juga bisa berfungsi sebagai sumber serat.

Baca juga: Ketahui, 5 Makanan Populer yang Tinggi Lemak Sehat

Tak kalah penting adalah lemak, walau jumlah yang dibutuhkan kecil tetapi juga dapat memberi energi.

Ryan menyarankan utnuk memilih makanan yang mengandung omega-3 dibanding omega-6.

"Lemak sehat omega-3 yakni dari ikan salmon, minyak zaitun,dan alpukat layak dilirik. Lemak ini mendukung sendi hingga kesehatan otak manusia sehingga penting untuk diasup," katanya.

Selain itu, pastikan kita juga cukup konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.