Kompas.com - 18/04/2022, 10:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Merawat kulit wajah secara optimal bisa dilakukan dengan menggunakan sunscreen setiap hari.

Salah satu tujuannya adalah untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang berpotensi merusak kulit.

"Pakai sunscreen setiap hari merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah kerusakan kulit," papar Dermatolog, Claudia Christin MBBS, Ph.D, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Kenapa Perlu Memakai Sunscreen Setiap Hari?

Seperti kita ketahui, sinar matahari memiliki dua jenis sinar UV yang disebut UVA dan UVB. UVA diketahui menjadi penyebab masalah kulit yang menimbulkan penuaan atau aging.

Sedangkan UVB dapat mengakibatkan sunburn atau kulit terbakar sampai munculnya noda hitam ketika terlalu lama terpapar sinar matahari. Keduanya sama-sama berpotensi merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Itulah yang mendasari mengapa penggunaan sunscreen itu penting. Tak terkecuali ketika kita beraktivitas di dalam ruangan.

Mungkin selama ini kita berpikir menggunakan sunscreen hanya dibutuhkan saat kita ingin bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Sunscreen Tak Halangi Vitamin D dari Sinar Matahari, Benarkah?

Tapi ternyata, menggunakan sunscreen meski cuma di dalam ruangan atau di rumah juga diperlukan.

"Masih banyak orang lupa atau bahkan tidak tahu, sunscreen juga perlu loh digunakan meski kita di rumah," tambah dia.

Sinar UVA berada pada pita gelombang terpanjang yang mencapai 280-325 nm. Hal tersebut mampu membuatnya menembus awan, kaca, bahkan pakaian.

Berada di dalam rumah sekalipun dapat membuat kita terpapar sinar UVA terutama jika beraktivitas di dalam ruangan yang berdekatan dengan kaca.

"Terutama jika kita beraktivitas di dalam ruangan dekat jendela atau di rooftop. Itu tetap perlu pakai sunscreen untuk melindungi kulit," pungkas Claudia.

Baca juga: Kena Kanker Kulit, Brooke Shields Kini Rajin Kenakan Tabir Surya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.