Kompas.com - 18/04/2022, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Selama ini mungkin kita mengira cara menggunakan sunscreen terbilang simpel, karena tinggal dioles ke kulit saja.

Namun nyatanya lebih dari itu, masih banyak dari kita yang tidak mengetahui cara pakai sunscreen yang tepat.

"Memakai sunscreen itu harus diperhatikan 5W1H-nya," ungkap Dermatologis Claudia Christin, MBBS, Ph.D, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Dalam 5W1H pemakaian sunscreen seperti dijelaskan Claudia ada enam hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan suncreen yang terdiri dari what, who, when, why, where dan how.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali produk tabir surya serta manfaat perlindungannya.

Baca juga: Perlukah Kita Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Rumah?

  • Perhatikan produk dan kandungan SPF-nya

Tabir surya adalah salah satu rangkaian perawatan kecantikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari pada kulit.

Ketika memakainya kita perlu melihat kandungan SPF pada sunscreen untuk menakar seberapa ampuh memberikan perlindungan terhadap kulit.

Claudia menyarankan, minimal kita perlu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

SPF 30 ini mampu memberikan perlindungan 97 persen terhadap kulit akibat UVB. Kadar SPF yang lebih tinggi mampu memberi perlindungan yang lebih tinggi pula.

Jika beraktivitas di dalam ruangan, pemakaian sunscreen SPF 15 bisa digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang bisa menembus kaca lewat jendela.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.