Kompas.com - 19/04/2022, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Ibadah puasa sudah berjalan lebih dari dua pekan namun masih banyak yang kesulitan menyesuaikan jadwal berolahraga.

Keharusan tidak makan dan minum di siang hari selama Bulan Ramadhan ini memang menuntut sejumlah penyesuaian pola hidup.

Termasuk kapan kita harus melakukan aktivitas yang menguras energi sehingga membuat lapar dan haus seperti olahraga.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Cocok Dilakukan Saat Puasa, Mulai Yoga Sampai Jogging

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati, SpKO mengatakan kita bisa tetap berolahraga selama berpuasa.

"Puasa jangan sampai hanya jadi kaum rebahan agar manfaat kesehatannya lebih optimal," katanya saat live Instagram bertajuk "Tetap Fit Saat Puasa, Ini Rahasianya!" bersama Amazfit Indonesia Official, Selasa (19/04/2022).

Pilihan waktunya untuk berolahraga sebenarnya juga bervariasi, tidak hanya sebatas menjelang berbuka puasa seperti yang dilakukan banyak orang.

Dokter Andhika mengatakan kita juga bisa berolahraga di waktu setelah sahur ketika tubuh masih memiliki banyak cadangan energi.

"Kalau mau olahraga di jam seperti ini, tubuh masih berenergi, sebenarnya tidak apa-apa, lompat-lompat juga silahkan," katanya.

Ilustrasi pria sedang berlari di treadmill.William Choquette/ Pexels Ilustrasi pria sedang berlari di treadmill.
Namun ia mengingatkan, ada risiko kelelahan dan dehidrasi apabila kita berolahraga secara berlebihan atau berkeringat terlalu banyak.

Maka disarankan agar kita mengontrol keringat dengan tidak memiliki olahraga intensitas tinggi, durasi yang terlalu lama atau gerakan yang berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.