Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jerawat, Apa Saja Faktor Pemicu dan Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 19/04/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Memiliki kulit berjerawat terkadang cukup mengganggu rasa percaya diri. Terlebih, jika jerawat itu sering kali muncul padahal kita sudah melakukan perawatan secara rutin.

Biasanya, jerawat disebabkan karena pori-pori kulit tersumbat minyak dan kulit mati sehingga memicu timbulnya bakteri. Tak hanya itu, jerawat juga bisa timbul saat kita sedang stres, mendekati masa haid, atau memiliki pola hidup buruk.

Selain itu, dr. Dian Pratiwi, SpKK, dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk "Benarkah Jerawat Itu Timbul Karena Faktor Genetik?", pun mengatakan bahwa 50 sampai 90 persen kasus jerawat muncul karena faktor genetik.

Artinya, jika orangtua pernah mengalami kondisi serupa, kemungkinan terjadi pula pada anak. Lantas, apa saja faktor-faktor pemicu jerawat lainnya? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat?

Faktor-Faktor Pemicu Jerawat

Menurut dr. Dian, ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat. Pertama adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang cenderung panas dan berdebu dapat memicu jerawat lebih cepat.

Baca juga: Manfaat Memakai Skincare untuk Jaga Kesehatan Kulit

Tak hanya itu, bahkan saat musim dingin dengan udara yang kering pun juga bisa memicu jerawat. Hal ini tergantung dengan kondisi kulit masing-masing individu.

Kedua adalah kondisi hormon. Hal ini biasanya ditandai saat masa pubertas dan menjelang datang bulan. Pada saat ini, hormon androgen meningkat sehingga menyebabkan kelenjar sebaceous membesar.

Kelenjar ini akan memproduksi lebih banyak minyak di kulit wajah. Minyak yang menumpuk dan tak dibersihkan dengan benar bisa memicu timbulnya jerawat.

Akan tetapi, pada beberapa kasus, meskipun wajah sudah dibersihkan, jerawat tetap muncul. Namun, jangan khawatir karena itu hanyalah jerawat hormonal. Artinya, saat masa pubertas atau PMS selesai, jerawat bisa hilang dengan tetap menjaga kebersihan kulit wajah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.