Kompas.com - 20/04/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Meski menjadi dambaan semua orang untuk mempunyai kulit wajah yang halus dan mulus, namun mendapatkannya bukanlah perkara mudah.

Terkadang, kulit dapat memiliki bercak-bercak terkelupas saat udara terasa kering. Lalu, kulit bisa breakout saat udara terasa lembap.

Tak hanya itu, bisa saja kita mengalami alergi yang dapat menyebabkan kulit menjadi tidak merata.

Nah, beberapa dokter kulit bersertifikat, yakni Joshua Zeichner dari Department of Dermatology, Mount Sinai Hospital, Caroline Robinson dari Tone Dermatology, dan Paul Jarrod Frank dari PFRANKMD Brand memberikan tips untuk masalah ini.

Baca juga: Mengatasi Kulit Wajah Kusam dengan Lendir Siput dan Kolagen Ikan

  • Gunakan exfoliating cleanser secara rutin

Menurut dr. Zeichner, exfoliator, baik itu physical maupun chemical, dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit guna mencerahkan dan meningkatkan teksturnya.

Untuk itu, dia merekomendasikan exfoliator yang mengandung partikel lembut dan tidak akan mengganggu lapisan kulit terluar.

Atau, exfoliator dengan kandungan serat buah luffa Jepang untuk mengangkat “gangguan” kulit.

  • Pilih chemical exfoliation

Dokter Robinson mengaku lebih menyukai chemical exfoliation lembut dibandingkan physical exfoliation, karena menciptakan lebih sedikit gesekan dan peradangan, serta memiliki hasil yang lebih seragam.

Ia merekomendasikan exfoliator yang memiliki campuran asam alfa dan beta hidroksi canggih yang berfungsi untuk mengelupas kulit dengan lembut dalam semalam.

Lalu, kita juga dapat menggunakan overnight mask untuk memperbaiki dan eksfoliasi kulit saat tertidur.

Baca juga: Cara Bikin Masker Madu Alpukat untuk Cerahkan Kulit Wajah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.