Kompas.com - 21/04/2022, 06:41 WIB

KOMPAS.com - Kenaikan tekanan darah atau hipertensi seringkali dialami banyak orang setelah merayakan Hari Raya Lebaran.

Penyakit itu bisa terjadi sebab orang-orang tidak menjaga pola makannya karena tergiur dengan hidangan yang tinggi kolesterol dan lemak.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, mengatakan bahwa ada kenaikan jumlah pasien yang mengalami hipertensi pascalebaran.

Fakta tersebut diungkapkannya merujuk data dari RS Pelni pada tahun 2019 dalam OMRON Virtual Media Briefing yang digelar Rabu (19/4/2022).

"Dalam waktu lima hari, mulai dari Lebaran dan setelahnya, kunjungan pasien rawat jalan meningkat. Dan diabetes melitus dengan hipertensi adalah penyakit teratas," kata dr. Juwalita.

Baca juga: Praktikan 5 Cara Ini agar Tekanan Darah Turun

Makan makanan khas Lebaran tanpa rasa khawatir

Karena Lebaran diperingati setahun sekali, tentu orang-orang yang merayakannya tidak ingin hipertensi mengganggu momen istimewa yang satu ini.

Supaya Lebaran bisa dinikmati tanpa rasa khawatir tekanan darah melonjak karena makanan tinggi kolesterol dan lemak jahat, dr. Juwalita punya beberapa trik untuk mencegahnya.

Simak yang berikut ini.

1. Bijak mengonsumsi makanan khas Lebaran

Opor ayam, rendang, semur, atau ketupat sayur yang tersaji di atas meja ketika Lebaran tiba memang menggoda banyak orang untuk segera menyantapnya.

Tapi, dr. Juwalita menyarankan supaya makanan-makanan tersebut dikonsumsi secara bijak alias tidak asal dilahap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.