Kompas.com - 21/04/2022, 06:48 WIB

KOMPAS.com – Perjalanan pulang ke kampung halaman bisa terasa sangat melelahkan bagi banyak pemudik.

Karena alasan itulah setiap lebaran akan tiba, pemudik selalu dianjurkan menjaga kesehatan tubuhnya jauh-jauh hari supaya tetap fit ketika mudik.

Berbagai macam penyakit selalu mengintai pemudik di tengah perjalanan. Dan, salah satu gangguan kesehatan yang patut diwaspadai adalah penyakit jantung.

Penyakit yang satu ini menjadi ancaman nyata bagi pemudik sebab dapat mengancam keselamatan jiwa.

Tapi, bukan faktor itu saja yang menjadikan penyakit jantung berbahaya. Pasalnya, pemudik yang belum pernah didiagnosis penyakit ini juga berisiko mengalaminya.

Hal itu dijelaskan oleh dokter spesialis jantung RS Universitas Sebelas Maret (UNS), Habibie Arifianto, dr.,SpJP (K)., M.Kes saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/4/2022).

“Bisa sekali (terkena penyakit jantung), karena merupakan salah satu penyakit kronis, yang sangat mungkin sudah terjadi masalah, baik di jantung dan pembuluh darah, namun tubuh masih dapat mengkompensasi dengan baik sehingga tanpa keluhan,” ujar dr. Habibie.

Ia mengatakan, stres dan kelelahan yang disebabkan ketika mudik dapat mengakibatkan kekambuhan atau perburukan penyakit jantung yang sebelumnya tidak ada masalah.

Baca juga: Rekomendasi Perubahan Gaya Hidup bagi Pengidap Jantung Koroner

Tanda pemudik terkena penyakit jantung

dr. Habibie menjelaskan, pemudik yang tidak memiliki keluhan dengan sistem kardiovaskularnya bisa dikatakan memiliki kondisi jantung yang sehat secara klinis.

Keluhan yang dimaksud dr. Habibie meliputi sesak napas, nyeri dada yang dipicu oleh aktivitas atau stres, dan rasa penurunan kesadaran secara tiba-tiba.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.