Kompas.com - 22/04/2022, 06:32 WIB

KOMPAS.com - Sinar ultraviolet (UV) bisa dikatakan sebagai pisau bermata dua sebab memberikan keuntungan sekaligus kerugian bagi kesehatan kita.

Sinar UV dari matahari memang membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Akan tetapi, paparan sinar UV yang berlebihan memungkinkan kulit menjadi terbakar, kusam, belang, dan mengalami penuaan.

Karena alasan itulah banyak orang menghindari sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya, baju lengan panjang, topi, dan sarung tangan.

Baca juga: Hindari Paparan Sinar UV Hari Ini, Simak Tipsnya

Lindungi kulit dari sinar UV dengan makanan ini

Selain cara-cara yang sudah disebutkan, melindungi kulit dari sinar UV bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Kalau kamu penasaran apa saja makanan yang dimaksud, simak daftarnya berikut ini.

1. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan dan berguna melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dari sinar matahari dalam waktu lama.

Di sisi lain, buah yang satu ini dapat mengatasi stres yang disebabkan oleh kehidupan sehari-hari.

Walau ukurannya kecil, blueberry kaya akan vitamin C dan bila rutin dikonsumsi akan membantu mencegah kerutan pada kulit.

2. Semangka

Semangka bisa melindungi kulit sebab mengandung likopen yang menyerap radiasi UVA dan UVB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.