Kompas.com - 24/04/2022, 09:02 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sekitar tahun 1950-1951, Jaeger-LeCoultre membuat gebrakan di industri jam tangan dengan mengusung kreasi bernama Memovox.

Ini adalah arloji pertama dari Jaeger-LeCoultre yang dibekali fitur alarm, dan menjadi salah satu arloji tercanggih saat itu.

Sebelum Memovox "lahir" ke dunia, hampir tidak ada arloji lain di pasaran yang memiliki fungsi alarm di era 1950-an, kecuali model Cricket yang dirilis Vulcan pada 1947.

Nama "Memovox" adalah gabungan dari dua kata Latin, memor (mengingat) dan vox (suara).

Jika diartikan secara harfiah, Memovox berarti suara untuk mengingatkan. Sama seperti alarm yang menghasilkan nada untuk menunjukkan waktu tertentu yang telah berlalu.

Ciri khas arloji ini terletak pada dua crown atau kenop pemutar di sisi kanan cangkang, yang masing-masing berfungsi untuk mengatur waktu dan alarm secara terpisah.

Seiring waktu, Jaeger-LeCoultre terus memperbarui model arloji ini.

Pada 1958, satu versi Memovox menampilkan zona waktu (time zone) di bagian dial. Lalu, arloji selam pertama JLC, Memovox Deep Sea dirilis setahun sesudahnya.

Nah, di tahun ini, watchmaker Swiss tersebut melepas Memovox dalam varian warna terbaru.

Jaeger-LeCoultre Master Control Memovox Timer Pink Gold Jaeger-LeCoultre Master Control Memovox Timer Pink Gold

Dibalut cangkang pink gold berdiameter 40 milimeter, Master Control Memovox Timer dilengkapi fungsi untuk menyetel alarm berbasis waktu sekaligus pengaturan hitung mundur (countdown) kedua.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.