Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Timbulnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 24/04/2022, 21:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Selain kulit yang mulai kendur, timbulnya flek hitam di wajah merupakan alasan tersering perempuan mengunjungi dokter kulit. Meski tidak membahayakan, tetapi flek hitam membuat warna kulit tidak rata apalagi jika bintik-bintik hitamnya cukup lebar.

Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi ketika kulit kita memproduksi lebih banyak melanin dibanding normalnya. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Kelebihan melanin ini akan disimpan di bawah kulit sehingga membuat warnanya lebih gelap dibanding area sekitarnya.

Ada beberapa penyebab tersering hiperpigmentasi, antara lain paparan sinar matahari, melasma yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal, pasca-peradangan seperti eksim atau jerawat, dan juga kondisi medis tertentu.

Baca juga: Mengenal Melasma, Flek Hitam di Wajah yang Ganggu Penampilan

Bisakah flek hitam dihilangkan?

Penyebab terseringnya memang paparan sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 sangat direkomendasikan.

Caudalie Vinoperfect Radiant Serum.Caudalie Caudalie Vinoperfect Radiant Serum.

Meski begitu, kebanyakan perempuan baru mencari solusi setelah flek hitam mulai muncul. Terapi di klinik kecantikan memang bisa membantu, namun sebenarnya penggunaan skincare dengan whitening agent juga bisa mengurangi bintik-bintik kehitaman di wajah.

Salah satu serum untuk mengatasi flek hitam (dark spot) yang populer di dunia adalah Caudalie Vinoperfect Radiant Serum dengan zat aktif andalannya, Vinoperfect.

Pendiri Caudalie, Mathilde Thomas mengatakan, yang menjadikan serum ini selalu jadi andalan perempuan dalam adalah zat aktifnya, yakni viniferine.

Baca juga: Bekas Jerawat Jangan Terpapar Sinar Matahari, Ini Dampaknya

Ia menyebut viniverine 62 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dalam hal mencerahkan kulit. Selain itu, viniferine juga tidak mengiritasi kulit sehingga tetap bisa dipakai oleh orang yang kulitnya sensitif.

"Viniferine diformulasikan dari getah buah anggur yang sejak dulu dipakai perempuan di perkebunan anggur untuk mengurangi flek hitam dan mencerahkan kulit wajah," kata Mathilde.

Meski serum tersebut penjualannya selalu sukses dalam 15 tahun terakhir, namun tim dari Caudalie kini menambahkan formula barunya yang membuat produk ini lebih mudah menyerap dan lebih efektif mengurangi bintik hitam.

Mathilde mengatakan, formula baru ini juga memiliki kandungan natural 98 persen dan masuk dalam kategori vegan.

Untuk melengkapi serumnya, Caudalie juga memiliki produk essence, krim malam, masker, dan juga pelembab. Di Indonesia, rangkaian skincare asal Perancis ini bisa didapatkan di Sephora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com