Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Sunscreen yang Berbahaya bagi Terumbu Karang

Kompas.com - 24/04/2022, 22:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tanpa kita sadari, beberapa produk kecantikan --salah satunya tabir surya atau sunscreen-- dapat menyebabkan polusi bagi ekosistem laut.

Polusi itu disebabkan oleh penggunaan bahan baku berupa microplastic, parabens, oxybenzone, dan octinoxate, karena dapat mencemari ekosistem laut dan terumbu karang.

Padahal banyak orang menggunakan produk sunscreen di pantai atau saat beraktivitas di laut.

Karenanya sebagai konsumen, kita sebaiknya memilih produk alternatif ramah lingkungan, misalnya produk tabir surya safe minerals yang menggunakan mineral-based formula, titanium dioxide dan zinc oxide sebagai pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB.

Penggunaan produk yang ramah lingkungan laut ini dikenal sebagai konsep “Blue Beauty”. Konsep ini melengkapi Clean Beauty, Green Beauty hingga Conscious Beauty.

Semuanya merupakan gerakan pendekatan bijaksana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari, dengan menyadari seluruh aspek yang terkait, termasuk manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan.

Konsep ini juga dianut oleh Cosmax Indonesia, perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia, yang terus berinovasi dan mengembangkan produk kecantikan ramah lingkungan sesuai aturan resmi yang berlaku secara global.

Cosmax Indonesia kini bahkan menggunakan solar panel sebagai energi listrik berkelanjutan, menjalankan proses produksi ramah lingkungan, sertifikasi lengkap, hingga jaminan aman akan produk yang dihasilkan kepada pasar.

Perusahaan pembuat skincare dan kosmetik ini juga mengadopsi Blue Beauty, yang merupakan gerakan keberlanjutan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan laut dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi terumbu karang.

Pada dasarnya, konsep Blue Beauty menggunakan bahan-bahan yang aman, bersumber secara berkelanjutan, aman bagi ekosistem laut, serta menggunakan kemasan produk yang dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, atau dapat diisi ulang.

Konsep Blue Beauty ini juga mempertimbangkan setiap aspek siklus produk mulai dari bahan, produksi, pengemasan, pengiriman, penggunaan, hingga pembuangan produk.

Beberapa produk sunscreen kini sudah mulai mengadaptasi konsep Blue Beauty seperti Hero Cosmetics Force Shield Superlight Sunscreen Broad Spectrum SPF 30 dan Make P:rem UV Defense Me Daily Sun Essence, yang aman bagi terumbu karang.

Dengan makin banyaknya brand yang mengadopsi konsep ini, diharapkan kelestarian terumbu karang bisa terjaga.

Baca juga: Mengapa Tabir Surya Berbahaya untuk Terumbu Karang dan Ikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com