Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Co-washing, Keramas Tanpa Sampo dan Tips Melakukannya

Kompas.com - 25/04/2022, 16:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan wanita dengan rambut ikal dan mengembang, rutinitas perawatan rambut tidak hanya sekadar keramas dengan sampo dan kondisioner.

Ini juga melibatkan penggunaan serum dan masker mingguan, serangkaian produk tertentu, teknik pengeringan rambut yang rumit, dan menjelajahi forum perawatan rambut hingga berjam-jam.

Namun, ketika semua perawatan rambut ini pada akhirnya tidak berhasil, sebaiknya kita perlu menemukan langkah baru yang sederhana seperti co-washing.

Mengenal co-washing

Perawatan rambut yang satu ini sangat sederhana, terlebih bagi kita yang memiliki rambut ikal, karena hanya membutuhkan satu produk saja yaitu kondisioner.

Baca juga: Perawatan Rambut demi Kepercayaan Diri Perempuan

Co-washing dilakukan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap ternutrisi dan mencegah minyak alami terkelupas oleh sampo.

Maka, dengan melakukan perawatan rambut ini, kita hanya akan keramas dua kali seminggu untuk menghindari kekeringan.

Kondisioner bekerja melalui rambut dan kulit kepala untuk membersihkan kotoran maupun penumpukan (dari produk atau kotoran sehari-hari) sambil menambahkan kelembapan ke setiap helai rambut sampai ke kutikula.

Co-washing juga umum dilakukan oleh wanita dengan tipe rambut berminyak dan bisa sangat bermanfaat selama musim panas ketika keringat berlebih menyebabkan lebih banyak mandi daripada biasanya.

Manfaat-manfaatnya

Selain melembutkan rambut dan mencegah minyak pada rambut, co-washing juga memiliki manfaat-manfaat lainnya sebagai berikut.

• Ketika rambut terkena sinar matahari, klorin, polusi, dan bahkan air asin, co-washing membantu bahan-bahan bergizi dan minyak alami untuk membalikkan kerusakan rambut dan melembabkan kulit kepala.

• Sementara sampo yang sering mengandung sulfat dapat membuat helaian rambut rusak dan dehidrasi.

Nah, mencuci rambut dengan co-washing dapat mencegah kerusakan dan menambahkan kilau rambut lebih baik daripada rutinitas sampo dan kondisioner biasa.

Baca juga: Mengetahui Tanggal Kedaluwarsa Produk Perawatan Rambut, Ini Caranya

Ini sangat penting untuk rambut bertekstur dan kering secara alami.

Co-washing juga dapat melarutkan minyak kulit kepala untuk mencegah minyak tanpa mengeringkannya.

Yang harus menghindarinya

Beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kulit kepala berminyak alami, mungkin akan merasa rambut mereka terbebani, terutama pada beberapa pencucian pertama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com