Kompas.com - 26/04/2022, 06:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dalam suasana hati atau mood yang buruk, kita cenderung memilih untuk memakan cokelat.

Memang, kudapan manis ini sudah lama diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan suasana hati.

Tapi bukan hanya cokelat yang bisa menaikkan mood lho. Buah pisang juga dapat memberikan efek yang serupa.

"Karena keadaan dunia saat ini, banyak orang mengalami masalah stres, kecemasan, depresi, kelelahan, kabut otak, dan sulit tidur," ungkap ahli biokimia nutrisi Shawn Talbott, PhD.

Ia menjelaskan, alasan utama pisang dapat meningkatkan mood adalah karena buah ini mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan vitamin B6 per hari.

Satu studi meta-analisis yang meneliti manfaat vitamin B dalam memengaruhi suasana hati menemukan, vitamin B6 mengurangi gejala depresi dan kecemasan, dan sindrom pramenstruasi pada wanita.

Di samping itu, vitamin B6 juga memperbaiki efek stres dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Studi tersebut diterbitkan pada tahun 2019 dalam jurnal Nature.

Vitamin B6 berperan dalam proses produksi serotonin, neurotransmitter otak yang seringkali disebut sebagai "hormon bahagia".

Ditambahkan Talbott, pisang memiliki kandungan serat prebiotik dan kalium yang tinggi. Kedua nutrisi itu juga terkait dengan peningkatan suasana hati.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition mengungkap, peserta yang mengonsumsi makanan tinggi kalium menunjukkan gejala depresi yang lebih sedikit dan suasana hati yang lebih baik.

"Vitamin, termasuk vitamin B6 adalah salah satu cara untuk membantu mendukung tubuh dan pikiran kita dalam menghadapi semua masalah," jelas Talbott.

Guna memeroleh lebih banyak asupan vitamin B6, ahli biokimia nutrisi itu mengingatkan pentingnya mengonsumsi makanan utuh seperti pisang, kacang-kacangan, salmon, sayuran berdaun hijau gelap, telur, dan susu.

Baca juga: Sederet Kebaikan yang Ditawarkan Buah Pisang, Sudah Tahu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.