Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dress Code Met Gala 2022: "Gilded Glamour, White Tie", Apa Maknanya?

Kompas.com - 26/04/2022, 08:00 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Met Gala 2022 akan kembali digelar sesuai tradisinya yakni di hari Senin pertama Bulan Mei pada tanggal 2 Mei mendatang.

Sebelumnya, penundaan hingga perubahan jadwal sempat dilakukan acara fashion bergengsi ini akibat pandemi Covid-19.

Kini setelah kondisi berangsur normal, para pecinta mode dan pesohor Hollywood bisa kembali menikmati acara amal yang digelar di Metropolitan Museum of Art, New York ini.

Baca juga: Kostum Met Gala Milik A$AP Rocky Ternyata Selimut Benaran

Met Gala 2022 mengambil tema "In America: An Anthology of Fashion," namun memiliki dress code "gilded glamour, white tie".

Dikutip dari Insider, "Gilded glamour" secara khusus merujuk pada periode Gilded Age of New York, berkisar tahun 1870-1890. 

Pada masa itu, kalangan menengah ke atas memiliki perhatian lebih besar terhadap dunia mode.

Salah satu alasannya karena perkembangan teknologi yang makin memudahkan untuk membeli lebih banyak pakaian daripada sebelumnya, seperti yang dilaporkan Vogue.

Pakaian wanita khususnya sangat mewah selama periode itu, ditandai dengan busana berwarna cerah, menggunakan banyak kain, dan sering dipasangkan dengan aksesoris dramatis seperti topi berbulu.

Gaya busana di periode tersebut juga memiliki aturan berpakaian yang sangat detail, khususnya di acara resmi seperti saat menonton pertunjukkan opera.

Baca juga: 5 Busana Paling Kontroversial yang Dipakai Selebritas di Met Gala

Para wanita biasanya gaun tulle yang memperlihatkan belahan dada dan sarung tangan berwarna putih, sementara pria harus mengenakan topi tinggi yang terkesan amat resmi.

Selama masa Gilded Age of New York ini pula, para orang kaya cenderung mengadakan pesta kostum yang berlebihan, yang juga dapat digunakan oleh undangan Met Gala sebagai inspirasi.

Jared Leto dan kepala palsunya saat menghadiri Met Gala.Karwai Tang/Getty Images Jared Leto dan kepala palsunya saat menghadiri Met Gala.
Bisa diprediksi dress code "gilded glamour, white tie," akan menampilkan busana yang semarak dan mewah serta tentunya menghibur.

Apalagi jika dibandingkan dengan dress code tahun 2021 lalu, "American Independence," yang dinilai biasa dan, bagi beberapa orang, cenderung membosankan.

Pasangan Blake Lively dan Ryan Reynolds dikabarkan akan menjadi pembawa acara dalam Met Gala 2022.

Beberapa nama besar dunia mode seperti Anna Wintour, perancang busana, Tom Ford, dan kurator Museum of Modern Art's Costume Institute, Andrew Bolton dipastikan akan hadir.

Namun belum jelas siapa saja selebritas Hollywood yang akan datang meramaikan Met Gala tahun ini.

Baca juga: Rambut Ekor Kuda Met Gala Kim Kardashian Bernilai 142 Juta Rupiah

Sekilas, agaknya sulit bagi orang awam seperti kita memahami makna tersembunyi dari dress code yang diterapkan ini.

Meski demikian, tentunya menarik menantikan seperti apa nantinya para bintang menginterpretasikan tema ini ke dalam busananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com