Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Merek Fesyen Mewah Tertua Dunia yang Masih Laris

Kompas.com - 26/04/2022, 14:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin sangat menyukai segala sesuatu yang berbau kuno. Baik itu budaya, bangunan, hingga film atau musik klasik.

Demikian pula, ada orang-orang yang dengan setia mengikuti beberapa merek mewah tertua di dunia, yang masih terus inovatif dan mengikuti perkembangan saat ini.

Dengan konsep kemewahan yang berkembang, merek-merek ini telah membawa perubahan yang diinginkan para pelanggannya selama bertahun-tahun.

Bahkan, dengan usianya yang sangat tua — ada yang sudah berusia 100 tahun — beberapa merek mewah ini ternyata masih tetap diminati oleh banyak orang yang tentu saja ingin memiliki barang-barang abadi dan mahal.

Nah, dilansir dari laman Lifestyle Asia, berikut adalah 10 merek mewah tertua di dunia yang masih banyak diminati.

1. Hermes

Tas buatan Hermes dengan seri Birkin Himalaya memecahkan rekor sebagai tas tangan termahal dalam lelang Christie's di Hong Konghermes Tas buatan Hermes dengan seri Birkin Himalaya memecahkan rekor sebagai tas tangan termahal dalam lelang Christie's di Hong Kong
Kisah rumah mode Prancis dimulai pada tahun 1837, dengan Thierry Hermes mendirikan bengkel pembuatan baju zirah pertamanya di Paris.

Dari sebuah toko untuk bangsawan Eropa, yang kliennya termasuk Napoleon Bonaparte, merek tersebut terus menjadi langganan lebih banyak nama terkenal seiring waktu, termasuk Grace Kelly dan Jackie Kennedy.

Saat ini, Hermes telah memiliki lebih dari 300 toko di 45 negara.

Berjalan selama enam generasi, merek mewah ini telah merevolusi pembuatan barang-barang kulit melalui desainnya yang canggih dan tak lekang oleh waktu.

Dari peluncuran tas pertamanya Haut Courroies pada tahun 1900, kemudian diikuti oleh aksesori, perhiasan dan pakaian, hingga barang-barang simbolis seperti tas Birkin, Kelly, Bolide, dan Constance, merek ini telah berkembang pesat.

Faktor ultra-kaya tas Hermes dapat dipahami lebih lanjut oleh sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan oleh pasar online untuk tas Baghunter.

Studi tersebut membandingkan tiga jenis investasi selama 35 tahun dari data historis, dan menemukan bahwa tas Birkin, sebagai barang koleksi, telah melampaui harga emas dan indeks pasar saham S&P 500, menjadikannya sebagai investasi yang lebih baik.

Dengan harga resmi antara 60.000 dollar AS (Rp 866 juta) hingga 200.000 dollar AS (Rp 2,8 miliar), tas tersebut tidak mudah didapat, dan kita harus antre sampai enam tahun untuk membelinya.

Selebritas seperti Kim Kardashian, Victoria Beckham, Jennifer Lopez, Heidi Klum, Lady Gaga dan Cardi B menjadi orang-orang yang bangga menjadi pemilik tas Hermes.

Baca juga: Terjual Rp 5 Miliar, Hermes Birkin Jadi Tas Termahal di Dunia

2. Cartier

Cartier Tank Must Cartier Tank Must
Motto pendiri Louis Cartier tergambar dalam setiap item yang telah dibuat oleh merek mewah ini sejak didirikan pada tahun 1847.

Dia pernah berkata: "Jangan pernah meniru, selalu berinovasi."

Pada saat jam saku menjadi aksesori standar di antara para pria, Louis menemukan jam yang dapat dipakai dan menamakannya Santos.

Ia juga menciptakan jam tangan Tank berhias permata, yang menjadi pilihan Putri Diana, mantan Ibu Negara AS Michelle Obama, dan selebritas lain seperti Jacqueline Onassis dan Andy Warhol.

Karya mewah lainnya termasuk jam tangan Ballon Bleu, yang dikenakan oleh Kate Middleton dan jam tangan emas Panthère de Cartier, dikenakan pesohor seperti Anne Hathaway, Sienna Miller dan Dua Lipa.

Dalam hal perhiasannya, brand ini juga sangat dihormati, termasuk dari kalung dan gelang Tutti Frutti yang terinspirasi oleh keluarga kerajaan India.

Selain itu, cincin Trinity karya Cartier dikenakan oleh Putri Diana dan bros Panthernya disukai oleh Wallis Simpson, istri Raja Edward VII.

Perhiasan Cartier juga terlihat di banyak mahkota di seluruh dunia, termasuk milik Putri Monaco, Grace Kelly, yang mengenakan tiara ruby dan berlian platinum di pernikahannya. Merek tersebut juga membuat cincin pertunangannya.

Perhiasan karya Cartier menjadi pilihan untuk dikenakan oleh Raja Farouk dari Mesir dan Clark Gable.

Sementara kalung berlian Elizabeth Taylor-Richard Burton dari Cartier adalah kreasi khas lainnya yang menampilkan batu permata berbentuk buah pir 69,42 karat.

Saat ini, Cartier telah memiliki lebih dari 200 butik di seluruh dunia.

Baca juga: Sepenggal Kisah Cartier Tank, Arloji Favorit Putri Diana

3. Omega

2020 Omega Speedmaster 321 2020 Omega Speedmaster 321
Didirikan pada tahun 1848 oleh Louis Brandt di La Chaux-de-Fonds, Swiss, Omega telah membuat jam tangan mewah bagi para kolektor selama beberapa dekade.

Merek ini memiliki teknik inovatif dan desain menarik dalam setiap arlojinya.

Omega bahkan dipakai dalam berbagai kondisi, mulai dari cuaca ekstrem, misi luar angkasa, hingga menyelam ke kedalaman laut.

Karena kekuatan dan kepopulerannya, jam tangan ini pernah dipakai oleh raja rock 'n' roll, Elvis Presley, serta mantan Presiden AS John F. Kennedy.

Jam tangan pertama yang dibawa ke Bulan adalah Omega Speedmaster milik astronot AS, Buzz Aldrin.

Selebriti lain yang mengenakan arloji Omega termasuk George Clooney, Nicole Kidman, Daniel Craig, dan Eddie Redmayne.

Jam tangan Omega juga diasosiasikan dengan franchise James Bond, setelah pertama kali muncul di GoldenEye (1995).

Sejak saat itu, merek ini menjadi jam tangan resmi yang dikenakan oleh mata-mata Inggris tersebut.

Jam tangan lain dengan label yang dikenakan oleh Bond termasuk Omega Seamaster Professional 300M dan Omega Seamaster Diver 300M 007 Edition.

Baca juga: Kisah Omega Speedmaster, Arloji Ikonik Dunia Penerbangan Luar Angkasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com