Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kandungan Skincare yang Tak Boleh Dicampur Pemakaiannya

Kompas.com - 26/04/2022, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, produk kecantikan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Misalnya saja, kini kita dapat menemui skincare yang memiliki beragam kandungan.

Selain itu, klaim yang ditawarkan untuk mengatasi masalah kulit pun beragam. Bahkan, sempat ramai pula metode layering skincare yang dipopulerkan oleh perempuan asal negeri ginseng.

Akan tetapi, dalam penggunaannya, ternyata masih banyak yang salah kaprah. Demi mendapatkan hasil maksimal, mereka justru secara asal mencampurkan beragam produk skincare. Padahal, belum tentu kandungan di dalamnya cocok satu sama lain.

dr. Dian Pratiwi, SpKK dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk "Jangan Asal Tumpuk Skincare" pun menjelaskan bahwa ini adalah kebiasaan yang tidak tepat dan mengimbau agar, "Jangan sembarangan menumpuk skincare, bisa-bisa kulit malah berjerawat atau bahkan iritasi."

Untuk menghindarinya, kita perlu mengetahui bahan aktif mana yang boleh dicampur dan tidak. Berikut adalah daftar bahan-bahan aktif produk skincare yang penggunaannya tidak boleh dilakukan secara bersamaan.

1. Retinoid (Retinol) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Menurut Elizabeth Bahar Houshmand, MD, seorang dermatolog asal Dallas, penggunaan keduanya secara bersamaan dilarang karena dapat mengikis lapisan luar kulit. Retinoid dan AHA sendiri merupakan turunan dari vitamin A.

Baca juga: Kenali Dampak FOMO dan Cara Mengatasinya

Biasanya, produk skincare yang memiliki kandungan keduanya berfungsi sebagai penunda penuaan. Mereka akan bekerja dengan mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit akan bercahaya dan bebas dari kerutan.

"Mereka memiliki efek samping yang berpotensi mengiritasi, terutama saat dikombinasikan," kata Elizabeth. Iritasi kulit biasanya ditandai dengan kemerahan, kulit mengelupas, hingga jerawat.

Meskipun begitu, dua kandungan ini masih bisa digunakan secara bersamaan asalkan harinya berbeda. Elizabeth menyarankan misalnya untuk memakai AHA pada hari Senin dan retinoid pada hari Selasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.