Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarimbit Sampai Pashmina Melayu, Tren Busana Muslim Saat Lebaran 2022

Kompas.com - 26/04/2022, 21:11 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebaran kali ini bisa dijadikan momen untuk memberikan penampilan terbaik sebagai simbol dari kembali fitrah setelah satu bulan berpuasa.

Terlebih dengan penggunaan media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya, kebiasaan itu menjadikan adanya kebutuhan baru untuk mengunggah tampilan yang lebih menarik di media sosial.

Tampilan lebih menarik itu bisa diterapkan dengan mengenakan busana Muslim yang selaras dengan tren baju lebaran di tahun 2022.

Agar tampilan saat lebaran tampak lebih modis, berikut beberapa pilihan tren busana Muslim untuk Lebaran 2022 yang tengah diminati masyarakat seperti yang dirangkum Kompas.com dari keterangan pers Elzatta for community.

Baca juga: Busana Muslim Bisa Simpel Namun Tetap Menarik Lho

1. Busana sarimbit

Dalam bahasa Jawa, sarimbit memiliki arti sekalian atau bersama-sama, jadi sarimbit merupakan istilah ketika satu keluarga menggunakan baju seragam atau kembaran.

Lebaran merupakan momen istimewa di mana keluarga saling berkumpul dan memilih menggunakan sarimbit sebagai bentuk kekompakan, kebersamaan dan kehangatan keluarga.

Tampil kompak ini tak melulu harus mengenakan busana yang spesifik, tapi paling tidak ada unsur dari model busana atau motif yang seragam agar nuansa sarimbitnya tetap terasa.

2. Busana Muslim dengan motif khas Nusantara

Kebanggaan dan kecintaan akan kekayaan budaya Indonesia terus meningkat di masyarakat Indonesia sejalan dengan berkembangnya kreativitas anak bangsa dalam menuangkan padu padan motif Nusantara.

Misalnya kombinasi batik atau aksen motif dari kain-kain tradisional yang ada pada busana.

Hal ini menjadikan penampilan lebaran menjadi lebih otentik dan memiliki ciri khas yang berbeda setiap tahunnya.

Khususnya di tahun 2022, motif khas Nusantara yang tengah digandrungi adalah unsur dari kebudayaan Kalimantan seperti motif batik Insang yang bermakna gerak dan napas kehidupan.

Baca juga: Kolaborasi Disney Raya dan Brand Busana Muslim Lokal, Mau?

3. Padu-padan motif dengan motif

Biasanya perempuan Muslimah melakukan mix and match busana bermotif dengan hijab yang polos atau hijab bermotif dengan busana yang polos.

Di momen lebaran kali ini paduan motif dengan motif menjadi tren yang tak boleh dilewatkan.

Tampilan busana motif yang dipadupadankan dengan scarf motif atau pashmina motif menjadikan penampilanmu lebih stand out dan mewah, cocok untuk tampilan lebaran.

4. Pashmina Melayu

Penggunaan pashmina ala melayu memang sedang tren dalam satu bulan terakhir. Dengan bahan satin menggunakan pashmina ala Melayu membuat pemakainya terlihat lebih anggun.

"Bedanya dengan pashmina pada umumnya terlihat dari helai kain pada dahi yang dibuat lebih menempel sekaligus menutup aurat," kata Tika Mulya, Vice President Elzatta, kepada Kompas.com.

5. Penggunaan aksesori

Anting merupakan salah satu aksesori perempuan yang biasanya digunakan di telinga.

Sebelumnya para Muslimah yang berhijab tak dapat menggunakan anting karena telinga merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi.

Namun dengan berkembangnya tren fashion muslim, di tahun ini penggunaan anting pada scarf atau pashmina menjadi tren yang membuat tampilan semakin anggun dan cantik.

Baca juga: Sambut Idul Fitri dengan Busana Muslim Bergaya Glamor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com