Kompas.com - 27/04/2022, 10:18 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan yang selalu penasaran dan senang menemukan hal baru, mulai dari pemandangan, bau, dan rasa.

Sayangnya, kebiasaan alami itu terkadang membuat kucing (dan tuannya) mengalami masalah.

Misalnya saja, saat bermain dengan bola benang atau berbagai jenis tali, seperti tali sepatu, pita, tali pancing, dan lain-lain.

Tak jarang, kucing terlalu penasaran hingga mencoba memakan dan menelan benang itu, yang tentu bisa membahayakan kesehatan kucing.

Dilansir dari The Spruce Pets, sebenarnya rasa penasaran kucing akan bola benang itu disebabkan tingkah lakunya yang mencerminkan kemampuan dan perilaku predator khas kucing liar.

Artinya, meski ada di dalam rumah, kucing tetap perlu “berburu,” dan benang atau tali terlihat mirip dengan mangsa kucing yang bergerak meliuk-liuk. Karena itu, tidak aneh jika kucing menyukai dan mencoba memakannya.

Apa yang akan terjadi ketika kucing menelan tali atau benang?

Ada banyak komplikasi yang dapat terjadi jika kucing kita menelan benang atau tali, salah satunya obstruksi benda asing.

Misalnya, tali dapat terlilit di pangkal lidah atau tertancap di perut yang dapat menyebabkan kucing tersedak dan menyebabkan kucing menelan tali.

Lalu jika tali memiliki jarum yang terpasang, jarum itu dapat menembus perut atau usus kucing.

Tali dan benang juga bisa mengakibatkan penyumbatan gastrointestinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.